Apakah kamu seorang karyawan perusahaan, dan sempat terpikir untuk melakukan pengunduran diri?
Tapi bingung bagaimana membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar.
Tak perlu khawatir, sebab disini kami akan memberikan bagaimana contoh surat resign yang baik dan benar. So, pastikan untuk tetap membaca artikel ini dari awal hingga akhir ya!
Baca juga: Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan
Ada berbagai bentuk alasan seseorang untuk melakukan pengunduran diri kerja dari perusahaan tempat ia bekerja.
Sebagai contoh saja karena faktor lingkungan kerja yang kurang sesuai dengan kepribadian kamu, gaji yang tak sesuai dengan harapan, adanya masalah kesehatan, ingin focus mengurus keluarga atau bahkan mendapatkan pekerjaan baru yang lebih menjanjikan serta gaji yang jauh lebih tinggi dari pada tempat kerja sebelumnya.
Apakah kamu sudah benar-benar ingin resign dari tempat kamu bekerja?
Jika iya tentu kamu tak bisa keluar dengan begitu saja, pasalnya kamu perlu mempersiapkan surat pengunduran diri dengan baik dan benar.
Mengapa demikian?
Hal ini dilakukan dengan tujuan agar perusahaan bisa menerima keputusanmu tersebut, serta untuk menghindari hal-hal yang kurang baik. Seseorang tentu tak bisa keluar begitu saja dari sebuah perusahaan.
Perlu kamu ketahui jika ada beberapa prosedur yang perlu kamu lalui, agar kamu tetap dinilai professional.
Oleh sebab itu buatlah contoh surat pengunduran diri organisasi dengan baik dan benar. Nah, untuk lebih jelasnya ayo kita simak ulasan berikut ini ya!
Contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar
Salah satu hal yang perlu kamu ingat ialah jika surat pengunduran diri karyawan normalnya dibuat secara formal, kemudian dicetak di selembar kertas yang nanti akan diserahkan kepada atasan.
Hal ini berguna sebagai pemberitahuan formal kepada pihak perusahaan bahwasanya kita akan meninggalkan tempat bekerja.
Proses pembuatan surat pengunduran diri pun tak bisa dilakukan sembarangan atau hanya asal-asalan saja. Pasalnya kamu juga perlu menyesuaikan kalimat yang digunakan pada target yang akan dituju.
Selain itu, alasan kamu mengundurkan diri juga tidak boleh dikemukakan secara dibuat-buat, akan tetapi tetap berkesan sopan.
Oleh sebab itu, sebelum kamu mengundurkan diri perlu mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu, agar kelak kamu tidak akan menyesal terhadap keputusan yang telah kamu ambil.
Apabila kamu telah yakin ingin mengundurkan diri maka segera saja kamu buat konsep suratnya.
Nah, melalui artikel ini kami akan membantu kalian untuk membuat surat resign secara resmi secara baik dan benar yang mungkin nanti dapat kalian gunakan sebagai referensi. Let’s, check this out!
Contoh surat pengunduran diri karyawan
Jakarta, 12 Maret 2020
Kepada:
Yth. Human Resource
PT. Anugerah Sejahtera
Jalan Pattimura, Jakarta
Dengan hormat,
Bersama dengan surat ini, saya sebagai Asisten Manajer Logistik di PT Anugerah Sejahtera, berdasarkan surat keputusan dari direksi perusahaan, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Afgan Syailendra
Departemen : Operasional
Jabatan : Asisten Manajer Logistik
ID Karyawan : EMPL024
Berniat menyampaikan pengunduran diri saya dari jabatan sebagai Asisten Manajer Logistik per tanggal 13 Maret 2020.
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan dan kesempatan yang telah diberikan oleh pihak perusahaan kepada saya selama ini. Semua hal ini tentu akan membantu saya untuk bisa menjadi seseorang yang lebih professional lagi untuk ke depannya. Tak lupa, saya juga ingin menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran direksi PT. Anugerah Sejahtera beserta dengan rekan-rekan di departemen Operasional, apabila selama ini saya mempunyai banyak kesalahan baik yang disengaja ataupun tidak disengaja.
Demi kelancaran tugas jabatan asisten manajer logistic, maka dengan ini saya juga bersedia untuk membantu hingga masa transisi berjalan. Semoga ke depannya PT Anugerah Sejahtera dapat terus berkembang menjadi lebih baik lagi.
Hormat saya,
Afgan Syailendra
Contoh surat pengunduran diri dari organisasi
Bandung, 8 April 2020
Kepada:
Yth. Ketua Umum
LSM Pemuda Kreatif
Jalan Flamboyan, Bandung
Dengan hormat,
Melalui surat ini saya akan menyampaikan maksud dari pengunduran diri saya sebagai Kepala Humas di LSM Pemuda Kreatif Bandung karena harus melanjutkan study ke luar negeri terhitung mulai tanggal 15 April 2020.
Adapun alasan saya mengundurkan diri yaitu karena saya akan menempuh pendidikan di luar negeri, sehingga tidak memungkinkan untuk terus menjadi anggota LSM Pemuda Kreatif. Dengan ini, saya mengucapkan terima kasih banyak atas semua hal yang telah saya terima selama ini. Terima kasih pula telah memperbolehkan saya menjadi salah satu bagian dari LSM Pemuda Kreatif. Saya mohon maaf apabila terdapat kesalahpahaman selama saya bergabung di LSM Pemuda Kreatif.
Semoga dengan keluarnya saya dari LSM ini, tidak menjadi penghalang bagi rekan-rekan semua untuk terus menginspirasi Indonesia. Demikian merupakan surat pengunduran diri saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Rafi Ahmad
Contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan
Surabaya, 20 Mei 2020
Kepada:
Yth. Manajer PT. Lintas Nusantara Tbk.
Jalan Diponegoro Nomor 33
Surabaya
Dengan hormat,
Bersama surat ini, saya sebagai Kepala Marketing di PT. Lintas Nusantara Tbk. Sesuai dengan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai ketenagakerjaan dan Undang-Undang Tenaga Kerja, oleh sebab itu saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Putra Gumilang
Departemen : PT. Lintas Nusantara Tbk.
Jabatan : Kepala Marketing
Nomor Karyawan : EMP- 2108
Berniat untuk mengajukan surat pengunduran diri dari PT. Lintas Nusantara Tbk. Adapun alasan dari pengunduran diri saya tersebut adalah karena factor kesehatan yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk dapat bekerja dengan baik. Untuk itu saya berharap apabila perusahaan dapat memahami kondisi tersebut dan dapat memberikan hak-hak yang layak dan sesuai dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan.
Demikian surat pengunduran diri ini saya buat sebenar-benarnya. Terima kasih atas segala bentuk dan dukungan serta bantuan ketika saya bekerja di perusahaan ini.
Hormat saya,
Putra Gumilang
Contoh surat resign resmi
Jakarta, 26 Agustus 2020
Kepada:
Yth. Pimpinan PT. Makmur Abadi
Jalan Sudirman Nomor 22
Jakarta
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Mentari Dewi Puspita
Alamat : Jalan Sudirman 7 Jakarta
Jabatan : Customer service
Maka dengan adanya surat ini, saya bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, terhitung pada tanggal 30 Agustus 2020.
Sebelumnya saya memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak lagi menjadi bagian dalam PT. Makmur Abadi. Semoga perusahaan ini dapat berkembang dan maju menjadi lebih baik lagi.
Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri, serta tanpa ada paksaan dari pihak manapun.
Hormat saya,
Mentari Dewi Puspita
Contoh surat resign hotel
Bandung, 8 November 2020
Kepada:
Yth. HRD Hotel Bintang
Jalan Ahmad Yani Nomor 31 Bandung
Dengan hormat,
Bersama dengan surat ini, saya Amanda Putri selaku waitress di Hotel Bintang dengan ini ingin mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri. Saya akan berhenti bekerja terhitung mulai tanggal 8 Desember 2020 atau satu bulan sejak surat pengunduran ini saya buat, sesuai dengan peraturan yang tercantum dalam surat perjanjian kerja.
Tak lupa saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap manajer dan jajaran direksi yang selama ini telah memberikan kesempatan kepada saya bekerja di Hotel Bintang. Mungkin selama saya bekerja di Hotel Bintang saya melakukan banyak kesalahan, baik yang saya sengaja ataupun tidak disengaja. Untuk itu saya mohon maaf.
Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, dengan sebenar-benarnya serta tanpa adanya dorongan ataupun paksaan dari pihak mana pun. Besar harapan saya agar Bapak/ Ibu mengabulkan permohonan pengunduran diri ini. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Amanda Putri
Yakinlah, dengan kamu mengundurkan diri secara baik-baik , serta berbicara langsung kepada atasan walaupun hanya sebentar, namun hal itu justru akan memberikan dampak yang positif bagi dirimu untuk masa yang akan datang.
Bahkan tidak menutup kemungkinan, jika hal yang kamu lakukan itu dapat menyelamatkan harga dirimu.
Sopan santun tak hanya berlaku di lingkungan keluarga, namun juga di lingkungan kerja.
Apalagi jika kamu memang berkompeten, siapa tau pihak perusahaan justru akan memberikan surat rekomendasi yang baik.
So, usahakan agar tetap meninggalkan kesan positif dan jangan sampai sebaliknya.
Berikut kita simak manfaat membuat surat resign yang baik dan benar, berdasarkan ulasan di bawah ini. Yuk, simak baik-baik ya!
Manfaat membuat surat resign yang baik dan benar
Ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan membuat surat resign yang baik dan benar, antara lain yakni:
- Supaya kamu tetap terlihat baik dan sopan.
- Supaya pihak perusahaan dapat mencari pengganti yang lebih tepat.
- Supaya kamu tetap terlihat professional ketika menjalankan pekerjaan.
- Adanya alasan-alasan untuk mengundurkan diri secara tertulis
- Dapat dijadikan bukti yang kuat bahwa kamu telah mengajukan resign kepada pihak perusahaan.
Selanjutnya kami akan memberikan beberapa tips menulis surat pengunduran diri yang baik dan sopan. Silahkan baca dengan teliti ya!
- Isi surat sebaiknya dituliskan dengan jelas apa tujuan dari pengunduran diri kamu tersebut. Serta usahakan untuk selalu menggunakan bahasa yang baik dan benar.
- Berikan alasan kamu mengundurkan diri secara jelas dan singkat, jangan bertele-tele. Kamu tak perlu menceritakan secara detail tentang alasan kamu mengundurkan diri.
- Pilihlah waktu yang tepat untuk membicarakan niatmu mengundurkan diri kepada pihak perusahaan. Dan jangan lupa berdoa sebelum kamu menyerahkan surat pengunduran diri tersebut.
- Tak lupa untuk menyampaikan terima kasih kepada pimpinan perusahaan tempat kamu bekerja, beserta rekan-rekan kerja yang ada di perusahaan tersebut.
- Katakan secara jelas kapan kamu akan mulai resign dari perusahaan, dan ingat jangan sampai mendadak ya! Hal ini bertujuan agar pihak perusahaan dapat mempersiapkan untuk mendapatkan pengganti kamu dengan cepat.
- Sebelum mengundurkan diri, teliti kembali jangan sampai meninggalkan sisa kewajiban. Ingatlah agar kamu selalu menyelesaikan pekerjaanmu dengan baik untuk menunjukkan bahwa kamu memang professional dalam bekerja.
Ingat ya, jangan pernah merasa rugi untuk selalu berpikir positif, meskipun seburuk apapun situasi yang sedang kamu hadapi.
Termasuk, memikirkan hal-hal yang telah dialami selama kamu bekerja di perusahaan yang lama, hingga kemudian kamu memutuskan untuk tetap disana atau kamu benar-benar memutuskan untuk pergi meninggalkan pekerjaan kamu sekarang ini.
Perbaiki diri serta performa untuk mendapatkan pekerjaan baru yang tentu lebih sesuai dengan keinginan serta hasrat yang kamu miliki.
Setelah kamu meninggalkan perusahaan yang lama, maka jangan sampai kamu putus asa untuk mendapatkan pekerjaan baru yang sesuai serta perusahaan yang bisa mendukung minat serta bakat yang kamu miliki selama ini.
Pengertian surat pengunduran diri
Bekerja merupakan kegiatan yang dilakukan setiap orang setelah menempuh pendidikan.
Dalam dunia kerja, pasti akan ada masanya dimana seseorang harus mengambil keputusan untuk mengundurkan diri dari suatu tempat kerja.
Hal itu bisa dikarenakan beberapa factor ataupun ada pilihan pekerjaan yang mungkin lebih baik dan menjanjikan.
Saat kamu hendak mengundurkan diri dari suatu pekerjaan, hendaknya kamu juga menghormati atasan yang telah memberikan kamu pekerjaan, nah salah satunya lewat surat pengunduran diri.
Di dalam surat pengunduran diri biasanya berisi pernyataan pengunduran diri seseorang dari suatu jabatan karena suatu alasan tertentu yang mana surat tersebut kemudian akan disampaikan kepada atasannya.
Taukah kamu pengertian dari surat pengunduran diri/ resign?
Jadi yang dimaksud dengan surat pengunduran diri adalah sebuah surat yang dibuat oleh karyawan yang mana surat tersebut ditujukan kepada atasan/ pimpinan suatu perusahaan/ organisasi/ lembaga dengan pernyataan mengenai pengunduran diri dari pekerjaannya.
Surat pengunduran diri sendiri termasuk dalam kategori surat yang bersifat formal.
Oleh sebab itu, saat kamu menulis surat pengunduran diri maka harus memakai bahasa yang formal.
Tak hanya itu saja, kamu juga perlu memperhatikan beberapa unsur yang harus tercantum di dalam surat pengunduran diri, diantaranya yakni:
- Terdapat awalan “Kepada Yth”.
- Terdapat identitas penulis surat, seperti nama lengkap, jabatan, lama bekerja dan lainnya.
- Terdapat alasan yang logis untuk mengundurkan diri.
- Terdapat akhiran “ Terima Kasih”.
Perlu kamu ketahui, walaupun surat pengunduran ini termasuk dalam kategori surat yang bersifat formal, namun alangkah baiknya jika surat pengunduran diri tersebut ditulis langsung dengan tangan daripada diketik.
Agar surat pengunduran diri yang kamu buat sempurna, maka kamu juga harus memperhatikan strukturnya.
Layaknya surat pada umumnya surat pengunduran diri juga mempunyai beberapa struktur penting yang perlu kamu perhatikan.
Mau tau apa saja struktur surat pengunduran diri yang dimaksud? Yuk, simak infonya bersama-sama berdasarkan ulasan di bawah ini ya!
Struktur surat pengunduran diri
Secara umum surat pengunduran diri memang hampir serupa dengan surat lamaran kerja. Akan tetapi, ada beberapa perbedaan mengenai tujuan serta isi yang terdapat pada kedua jenis surat tersebut.
Biasanya, di dalam surat pengunduran diri tersusun dari beberapa unsur yang mana hal yang tertera seperti :
- Tempat serta tanggal pembuatan surat pengunduran diri.
- Ada nama dan alamat yang dituju.
- Terdapat isi surat beserta alasan pengunduran diri.
- Adanya tanda tangan yang dibuat di atas materai.
Akan tetapi, format tersebut bisa saja berubah karena tergantung dengan format yang dikeluarkan oleh masing-masing perusahaan.
Nah, itulah beberapa contoh surat resign yang baik dan benar yang telah kami paparkan. Semoga bisa menjadi referensi buat kalian ya!