usaha cetak undangan

Cara Usaha Cetak Undangan Blangko + Gratis 100 File Vector


Usaha cetak undangan adalah salah satu usaha percetakan yang memiliki peluang yang besar, modal yang minim, dan mudah untuk dijalankan.

Anda tidak perlu membeli mesin percetakan undangan untuk memulai usaha ini, dan anda tidak perlu memiliki keahlian yang tinggi untuk bisnis undangan ini.

Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara anda memulai usaha percetakan kecil dengan cara mencetak undangan dengan memanfaatkan BLANGKO UNDANGAN.

Jadi anda tidak perlu repot mendesain undangan sedimikian rupa, anda hanya perlu mencari penjual blangko undangan, kemudian mencetak nya dengan printer rumah.

Kami rekomendasikan anda juga membaca artikel “Desain Undangan Pernikahan” untuk mencari inspirasi desain undangan yang elegan.

Jika anda mencari jasa cetak undangan, kami bisa memenuhi permintaan anda, mulai dari persiapan desain dan pencetakannya.

Cetak Undangan

Peluang usaha cetak undangan pun tergolong sangat besar, setiap tahun ada ribuan pengantin baru di kota anda. Siapa sih yang tidak membutuhkan undangan di hari bahagia nya?

Salah satu kelebihan yang bisa anda dapatkan ketika menjalankan usaha ini adalah kemudahannya.

Usaha cetak undangan ini bisa dimulai dari rumah atau tempat yang tidak terlalu besar (usaha cetak undangan rumahan), selain itu, anda tidak dituntut untuk mahir menggunakan aplikasi editing.

Karena dalam usaha blangko undangan ini lebih banyak menyusun dan mengatur kata-kata saja, kemudian di print menggunakan blangko.

1. Memulai Usaha Cetak Undangan

Ada berberapa langkah yang harus anda lalui dan maksimalkan untuk memulai usaha cetak undangan blangko ini.

Yang mana semuanya ini harus anda fikir secara matang agar usaha cetak undangan bisa berjalan dan berkembang.

PERTAMA, Mencari Vendor Blangko Undangan

Memulai usaha cetak undangan tentu anda harus tahu dimana tempat membeli blangko undangan. Dizaman teknologi saat ini, mencari vendor blangko undangan pun sangat mudah sekali.

Anda hanya tinggal menyebutkan apa yang anda cari dan tempat anda tinggal, maka muncul lah toko yang menjual blangko undangan.

Toko penjual blangko undangan biasanya memiliki katalog undangan dengan ratusan desain undangan yang siap cetak, mereka biasa memberikan katalognya secara cuma-cuma atau dengan harga miring.

Katalog undangan yang mungkin terkenal saat ini seperti merek ERBA, DGREEN, EVANUR, THARA, dll. Katalog blangko undangan yang diberikan biasanya ada dua jenis yaitu undangan Hardcover dan softcover.

Kami sedia Paket 4 Katalog Undangan Blangko Kekinian Seharga Rp. 100.000

Undangan hardcover adalah undangan yang memiliki cover yang tebal, dan softcover adalah undangan yang memiliki cover tipis.

Pilihlah undangan softcover yang tentunya bisa anda cetak sendiri dengan printer dirumah. Karena printer biasa belum mampu mencetak undangan hardcover.

KEDUA, Menentukan Lokasi Usaha

Lokasi usaha juga mempengaruhi usaha percetakan anda, jika lokasi anda di keramaian maka paling tidak usaha anda bisa dijangkau dan dilihat oleh orang lain.

Tempat yang sedikit tertutup dan jauh dari keramaian mungkin sedikit berpengaruh terhadap usaha anda. Tetapi lokasi tidak selamanya menjadi masalah, karena promosi yang baik adalah kunci suksesnya bisnis percetakan.

KETIGA, Mencari Printer Untuk Cetak Undangan

Printer adalah senjata utama dalam bisnis ini. Selain senjata, printer juga jantung usaha anda. Lantas apa printer yang cocok untuk usaha anda? Printer Canon atau Epson?

Anda harus tahu kelebihan dan kekurangan printer canon dan epson, dibawah ini saya berikan gambaran singkat tentang kelebihan dan kekurangan dalam tabel yang mudah anda mengerti dengan cepat.

PrinterKelebihanKekurangan
CanonMurahTidak Awet
EpsonAwetMahal

Harga printer canon jauh lebih murah dibanding pesaingnya yaitu epson. Harga printer canon kisaran 500-700ribu, sedangkan epson bisa mencapai 1,5-2,5 juta rupiah.

Jika dilihat dari kualitas, maka kedua printer ini sama-sama berkualitas. Tetapi dari segi keawetan nya, maka saya nobatkan epson lebih awet dari pada canon.

Kenapa Epson lebih awet?

Epson lebih awet dibagian catridge printernya, karena printer epson tidak memiliki busa pada catridge sehingga tinta langsung bisa keluar dari catridge.

Sedangkan printer canon, memiliki busa pada catridgenya, sehingga jika terlalu lama tidak dipakai catridgenya akan mampet dan rusak.

Bagaimana dengan Canon?

Dari segi harga canon lebih murah jauh dibanding epson, tetapi jika anda menggunakan canon, resiko catridge printer mampet dan bergaris adalah resiko anda. Karena catridge printer canon akan aus jika digunakan secara terus menerus.

Untuk usaha cetak undangan dengan printer maka bagaimana solusinya?

Jika anda menggunakan canon, maka anda harus bisa merawat printer anda. Dengan cara, mencetak tidak sekaligus banyak, sering mengecek isi tinta di catridge, dan minimal print satu lembar perhari. Maka paling tidak, anda sudah kembali modal sebelum catridge nya rusak.

Jika anda memiliki modal berlebih, maka printer epson pilihannya. Karena printer epson bisa anda modifikasi dari jenis tintanya. Tetapi perlu diingat, harga printer epson yang lebih mahal daripada canon perlu anda pertimbangkan. Jangan sampai printer epson anda rusak sebelum anda balik modal.

KEEMPAT, Pemasaran Jasa Cetak Undangan

Sebelum anda pasarkan jasa cetak undangan, anda juga perlu survey harga pesaing anda disekitar.

Jangan sampai harga anda terlalu murah dan terlalu mahal dibanding pesaing anda. Berilah harga yang sama dengan pasaran sekitar anda.

Ada berberapa strategi bisnis percetakan undangan ini, yaitu:

  • Memiliki katalog yang lengkap daripada pesaing

    Semakin banyak pilihan katalog, maka semakin bagus pelayanan buat calon pelanggan anda. Tetapi perlu diperhatikan, ketika menyodorkan katalog, berikan katalog yang menggunakan softcover saja, atau undangan yang bisa anda cetak dengan printer biasa.

  • Pemasaran door to door

    Kekuatan awal strategi bisnis percetakan undangan adalah berbicara langsung dengan konsumen, anda bisa memulai usaha ini dari kerabat dekat atau tetangga anda.

    Pemasaran door to door mungkin membutuhkan waktu, karena tidak semua orang akan langsung memnggunakan jasa anda ketika anda memberitahunya.Pemasaran jenis ini wajib untuk anda yang memulai usaha cetak undangan.

  • Pemasaran online

    Pemasaran online untuk usaha cetak undangan ini harus berbeda dengan pesaing anda lainnya. Jika pesaing anda tidak bisa menampilkan katalog desain, maka anda harus bisa memberikan katalog desain lengkap di jejaring sosial.

    Jejaring sosial adalah salah satu tempat promosi gratis yang bisa anda gunakan. Untuk mengefektifkan promosi di media sosial tentunya promosi anda harus berbeda dan lebih baik dari yang lainnya.

    Jika promosi online usaha hanya sebatas mencantumkan foto, harga, dan deskripsi. Maka anda bisa memberikan katalog undangan pernikahan lengkap yang bisa diakses via media sosial.

  • Memberikan bonus, jangan diskon

    Usaha yang baik adalah usaha yang bersaing dengan bersih. Artinya, jika anda pemain baru dalam usaha percetakan, jangan mencoba-coba untuk menurunkan harga pasaran demi mengejar target.

    Dimanapun pengusaha berada, mereka tidak senang jika anda pesaing nya memberikan harga yang lebih murah dibawah harga pasaran.Anda dapat memberikan bonus, misalnya gatis berberapa lembar undangan atau desain.

    Karena bonus dapat meningkatkan citra baik usaha anda. Tetapi jika anda memberikan diskon, maka usaha anda akan dicap oleh pelanggan dengan sebutan usaha yang murahan.

  • Inovasi

    Usaha yang bisa satukan dengan usaha cetak undangan adalah souvenir pernikahan. Jika anda satukan, maka peluang usaha cetak undangan dan souvenir sagat besar sekali.

    Karena biasanya pelanggan akan melakukan double order, maksudnya mereka akan order cetak undangan sekaligus souvenir pernikahanya.Contoh souvenir pernikahan yang paling umum adalah gelas atau mug. Anda bisa mengembangkan usaha percetakan undangan anda dengan menyediakan pula jasa cetak mug.

  • Ramah

    Pelayanan yang ramah adalah segalanya, pelanggan datang ke toko percetakan anda tidak lain adalah untuk mencari desain undangan yang sesuai dan harga yang terjangkau.

    Maka layani pelanggan dan berikan solusi serta saran guna memberikan arahan yang baik untuk pelanggan. Jika pelayanan yang anda berikan baik, maka bisa saja pelanggan merekomendasikan usaha anda ke teman-temannya yang lain.

    Saya memiliki artikel yang berjudul “Promosi Ampuh Meningkatkan Citra Baik Usaha Anda” yang perlu anda baca, karena disana ada tips promosi yang ampuh yang bisa dilakukan sekarang juga.

2. Prospek Usaha Cetak Undangan

Silahkan lihat data yang saya kumpulkan dibawah. Itu adalah data jumlah penduduk Indonesia tiap tahun, dan jumlah pernikahan tiap tahun nya. Dengan jumlah yang banyak seperti ini, maka prospek peluang usaha ini akan terus berkembang sebanding dengan banyakanya jumlah penduduk tiap tahun.

Tentunya penduduk tiap tahun tidak akan berkurang, tetapi akan terus bertambah. Ditambah, hampir setiap orang di Indonesia melalui proses pernikahan yang tentunya membutuhkan namanya Undangan.

Data pernikahan yang saya ambil dari BPS menyatakan bahwa jumlah pernikahan di Indonesia tiap tahunnya rata-rata adalah 2 juta orang, maka paling tidak dalam satu bulan 166ribu orang yang menikah.

Maka siapakah yang berhasil mendapatkan peluang orderan 166 ribu orang tersebut? Apakah anda tidak ikut kebagian? Mulai sekarang gencarkan promosi anda! Prospek usaha cetak undangan ini sangat terbuka sekali.

Ada berberapa alat dan bahan yang perlu anda siapkan sebagai modal awal bisnis cetak undangan ini, yaitu:

  • Separangkat Komputer dan Laptop

    Percetakan wajib memiliki komputer dan laptop, usaha cetak undangan salah satu pekerjaannya adalah melayout kalimat dan mendesain.

    Carilah komputer atau laptop dengan spesifikasi yang bisa digunakan untuk mendesain. Untuk desain sendiri bisa menggunakan aplikasi CorelDRAW.Laptop dengan harga 2 jutaan sudah layak untuk memulai bisnis cetak undangan ini.

  • Printer

    Canon IP2770 adalah printer sejuta umat yang biasa digunakan untuk mencetak undangan blangko. Dalam usaha cetak undangan blangko ini, printer acap kali hanya digunakan untuk ngeprint teks hitam dan sedikit gambar saja. Maka printer Canon sudah cukup memadai untuk usaha ini.Printer Canon IP2770 berdasarkan web resmi berkisar diharga Rp. 650.000

  • Blangko Undangan + Plastik
  • Sticker Nama

Anda juga kami rekomendasikan membaca artikel tentang printer-printer terbaik disini yang cocok untuk cetak undangan:

Printer Terbaik Pilihan Praktisi Percetakan Indonesia

Modal Alat Cetak untuk Usaha Cetak Undangan

NoAlatHarga
1Laptop3,000,000
2Printer Canon IP2770750,000
3Katalog Undangan150,000
T O T A L3,900,000

Cuma ini saja?

Iya sisanya, anda hanya perlu membeli bahan dan plastiknya jika ada orderan.

4. Menentukan Harga Jual Cetak Undangan

Dalam penentuan harga undangan blangko paling tidak dipengaruhi oleh 2 hal, yakni LOKASI dan HARGA POKOK PENJUALAN.

Sebagai contoh; Harga undangan di pulau Jawa lebih murah dibanding harga undangan di pulau kalimantan. Kemudian harga undangan hardcover lebih mahal di banding undangan softcover.

Rumus Penting Percetakan

Untuk di pulau Jawa, rumus penting keuntungan dalam sekali transaksi minimal adalah 30% atau Rp. 100.000.

Jadi, paling tidak anda mendapatkan keuntungan bersih 30% dari nominal orderan atau minimal Rp. 100.000.

Contoh Perhitungan

#1 Orderan 1000pcs

Perhitungannya adalah sebagai berikut:

A. HARGA POKOK PENJUALAN (HPP) *Satuan

ItemRincianJumlah
Harga Pokok BlangkoRp. 500
Biaya CetakRp. 500/sisi x 2 sisi (bolak balik)Rp. 1000
Jasa SettingRp. 100.000 / 1000pcsRp. 100
Plastik OPPRp. 100
Total Rp. 1700

B. HARGA JUAL

Harga JualRp. 1700 / 0.7Rp. 2429 dibulatkan Rp. 2.500

C. KEUNTUNGAN BERSIH

Maka keuntungan bersih satuan anda adalah 2.500 – 1.700 = Rp. 800.

Total keuntungan orderan 1000pcs adalah Rp. 800 x 1000 = Rp. 800.000

#2 Orderan 100pcs

Perhitungan jika orderan sedikit sama saja, yg penting untung 100.000.

A. HARGA POKOK PENJUALAN (HPP) *Satuan

ItemRincianJumlah
Harga Pokok BlangkoRp. 500
Biaya CetakRp. 500/sisi x 2 sisi (bolak balik)Rp. 1000
Jasa SettingRp. 100.000 / 1000pcsRp. 1000
Plastik OPPRp. 100
Total Rp. 2600

B. HARGA JUAL

Harga JualRp. 2600 / 0.7Rp. 3714 dibulatkan Rp. 3750

C. KEUNTUNGAN BERSIH

Maka keuntungan bersih satuan anda adalah 3750 – 2600 = Rp. 1150.

Total keuntungan orderan 1000pcs adalah Rp. 1150 x 100pcs = Rp. 115.000

*Untuk Anda Ketahui!

> Blangko undangan rata-rata dijual 1 pak isi 100pcs. Jadi usahakan orderan anda minimal 100 lembar dan kelipatan 100.

> Harga Pokok Penjualan di atas belum termasuk:

  • Ongkos kirim Blangko. Berat 1 pak (100pcs) rata-rata adalah 800 – 1000 gram.
  • Kerusakan undangan karena salah cetak atau lainnya.
  • Biaya jasa tambahan seperti pasang pita atau lem (hardcover).
  • Biaya perawatan printer.
  • Biaya Karyawan
  • Biaya Listrik

5. Penyebab Gagalnya Usaha Cetak Undangan

Ada berberapa penyebab tidak berkembang atau gagal nya usaha cetak foto ini, yaitu:

  • Menunggu orderan, artinya anda jangan suka menunggu orderan datang ke anda. Tapi cobalah untuk menjemput orderan itu, lakukan promosi usaha cetak undangan anda jika tidak ingin gagal usaha ini.

  • Tidak konsisten, maksudnya adalah anda orang tidak sabaran menjalani sebuah usaha. Mungkin dalam waktu 1 sampai 3 bulan usaha masih mendapatkan orderan yang sedikit atau orderan cicak. Tetapi jika anda menjalankannya dengan konsisten, bisa saja dalam waktu berberapa bulan anda mendapatkan orderan sebesar kadal atau bahkan buaya.

  • Kurang inovatif usaha cetak undangan adalah salah satu usaha yang bisa anda kembangkan. Kurang nya inovasi bisa membuat usaha cetak undangan anda gagal, coba anda inovasikan jasa cetak undangan anda dengan menyediakan souvenir-souvenir pernikahan.

6. Resiko Usaha Cetak Undangan Blangko

Dalam wirausaha pasti ada yang namanya resiko, resiko itu bisa dari internal ataupun eksternal. Resiko eksternal dalam usaha cetak undangan adalah:

  • Printer Rusak, Rawat printer anda jika tidak ingin rusak sebelum balik modal. Menjaganya dari debu dengan menutup dengan kain adalah salah satu upaya menjaga printer tetap awet.
  • Persaingan, dimanapun bisnis itu berada tetap memiliki kompetitor, maka tugas anda sekarang adalah mengatasi persaingan dengan membuat kelebihan-kelebihan yang tidak ada pada kompetitor anda. Apa alasan orang menggunakan jasa anda jika jasa anda sama saja seperti yang lainnya?

7. Tips Sukses Usaha Percetakan

Setelah mengetahui besarnya peluang cetak undangan, bagaimana memulainya, prospek besar cetak undangan, penyebab gagalnya, dan resiko usahanya. Maka ada berberapa tips kunci yang harus anda lakukan jika ingin berhasil usaha cetak undangan.

  • Bayar Lunas di Awal atau DP 75%, untuk jaga aman, paling tidak anda sudah memegang DP 75% dari harga orderan anda. Jangan sampai usaha anda tidak berkembang karena sering di hutangi dengan pelanggan anda. Dengan DP 75%, paling tidak anda sudah balik modal.
  • Fokus, usaha yang dijalankan setengah-setengah akan menghasilkan setengah-setengah pula. Jika memang modal anda belum cukup untuk membuka usaha yang lain, maka fokus pada satu usaha bukan hal yang susah buat anda. Namun, jika karena belum terima order dalam sebulan dan anda menyerah, maka ada yang harus diperbaiki.Fokus bukan hanya fokus menjalankan, tetapi juga fokus memperbaiki, dan fokus berinovasi.
  • Inovasi Produk, salah satu berkembangnya usaha adalah inovasi produk, karena usaha yang baik adalah usaha yang dikembangkan dan dapat memberikan layanan dan produk yang baik pula. Jika pertama kali buka usaha cetak undangan anda menggunakan printer canon, mungkin tiga bulan kedepan anda menggunakan printer epson (dengan tinta yang lebih bagus).
  • Inovasi Pemasaran, pemasaran bukan hanya memperkenalkan produk anda ke orang-orang. Tetapi juga tentang memberikan sesuatu yang bermanfaat buat orang banyak, jika anda bisa memberikan sesuatu yang berbeda misalnya memberikan kalender gratis buat kerabat atau tetangga. Maka setidaknya kerabat atau tetangga anda menganggap usaha anda telah berkembang.
  • Manfaatkan teknologi, sesuatu yang tidak bisa diremehkan saat ini adalah teknologi. Media sosial dan website adalah teknologi yang tidak bisa anda lupakan, jangan sampai anda keduluan oleh pesaing anda di era teknologi ini. Manfaatkan media sosial untuk promosi dan website untuk meningkatkan profesionalitas dan investasi masa depan usaha percetakan anda.

Free Download 100 File Corel Desain Undangan Pernikahan Custom

usaha cetak undangan custom

Perlu diketahui, undangan custom berbeda dengan undangan blangko. Undangan custom biaya cetak nya bisa lebih tinggi, butuh keahlian desain grafis dan mesin yang lebih bagus.

Jika anda mau mendalami undangan custom silahkan baca artikel saya yang ini:

Usaha Cetak Undangan Custom [PROSES]

Ada 100 file corel gratis yang dibagikan oleh kang Tendi Rahmat di grup telegram Belajar Percetakan. Sebelum download, anda boleh gabung di grup belajar percetakan telegram dengan klik link ini : https://t.me/bptendirahmat

Versi corel dalam file ini menggunakan coreldraw X7. Dan tentunya akan banyak missing font (font error), maka anda perlu mengedit sedikit di bagian font nya.

Penutup

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan untuk anda, jika anda yang diingin ditanyakan dengan senang hati saya membantu, anda bisa menghubungi saya via whatsapp di 0895623233033 untuk usaha cetak undangan blangko ini

Kami sedia Paket 4 Katalog Undangan Blangko Kekinian Seharga Rp. 100.000

Terima Kasih, Salam Cetakers

Tentang Penulis: adamprasetya

Pemilik usaha Percetakan Walisongo yang melayani segala macam order terkait kertas. Juga hobi membuat konten di website / blog lainnya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *