Cara Promosi Produk Paling Ampuh Meningkatkan Citra Anda

Diposting pada: oleh
Bagikan Kirim Twitt
Cara Promosi Produk
Diupdate pada: 20 Juli 2018

Apakah anda seorang pengusaha online? wirausaha? ingin mengembangkan usaha? ingin memulai usaha?

Simak berberapa tips promosi berikut untuk meningkatkan citra usaha anda.

Apakah anda sadar ketika anda mempromosikan usaha anda di internet sedikit sekali orang yang akan merespon promosi anda, ditambah lagi jika promosi anda membosankan dan kaku. Anda butuh yang namanya kesan dari orang yang membaca promosi anda.

Salah satu cara menimbulkan kesan terhadap promosi anda adalah pencitraan. Dengan memberikan sesuatu yang bernilai manfaat bagi orang lain, anda akan mendapatkan kesan positif dari target pasar anda.

Pencitraan adalah memberikan suatu hal yang membuat citra anda menjadi baik di hadapan publik. (Mungkin pejabat-pejabat kita lebih fasih dalam hal pencitraan)

Banyak yang bisa kita berikan kepada calon customer kita untuk pencitraan, mulai dari kupon diskon, ongkir gratis, merchandise, dll.

Satu hal yang membedakan antara promosi di media massa dengan promosi merchandise adalah PENCITRAAN.

Manakah yang lebih efektif untuk mendapatkan kesan?

Jawabanya adalah MERCHANDISE, kenapa merchandise? Karena merchandise adalah media promosi yang bisa anda berikan secara langsung kepada calon konsumen anda.

Merhandise itu bisa dalam bentuk Stiker, PIN, MUG, Kaos, dll. Pertanyaan nya sekarang adalah, Apa merchandise yang bisa menimbulkan citra baik untuk usaha anda?

  • Apakah STIKER membuat citra usaha anda baik?
  • Apakah PIN membuat citra usaha anda baik?
  • Apakah MUG membuat citra usaha anda baik?
  • Apakah KAOS membuat citra usaha anda baik?

Sekarang coba anda posisikan diri anda sebagai seorang customer usaha anda, apakah anda akan merasa senang jika diberi sebuah stiker? apakah anda senang ketika diberi sebuah pin? bagaimana dengan mug? bagaimana dengan kaos?

Sudah ada jawaban? .. Jawaban anda, adalah merchandise yang cocok untuk meningkatkan citra usaha anda.

Masih bingung? sekarang saya berikan ilustrasi yang lebih mudah anda pahami.

Manakah yang konsumen sukai diantara pilihan diskon berikut ini.

  1. Diskon Produk 1.000 rupiah
  2. Diskon Produk 4.000 rupiah
  3. Diskon Produk 25.000 rupiah
  4. Diskon Produk 75.000 rupiah

Sebagai seorang customer, maka saya akan memilih diskon yang besar senilai 75ribu. Atau paling tidak diskon produk / potongan ongkir 25 ribu.

Apakah diskon membuat citra yang baik untuk usaha anda?

Jawabannya: TIDAK

Diskon produk hanya akan memberikan kesan manja untuk customer, diskon sangat berbahaya untuk usaha anda. Apalagi usaha yang baru dimulai. Jangan sampai customer berkesan bahwa usaha anda adalah usaha yang murah meriah.

Diskon hanya akan membuat anda tidak berdaya terhadap customer. Customer anda hanya akan membeli produk jika harganya murah (nunggu diskon). Mau tidak mau, anda harus memberi diskon agar dagangan laku. Mau sampai kapan anda memberikan diskon? Ubahlah cara promosi anda.

Bagaimana solusi merubah diskon menjadi hal lain yang efektif?

Sekarang mari kita alihkan diskon diatas menjadi sebuah barang yang dapat memberikan citra baik untuk usaha anda.

  • Diskon Rp. 1.000 kita alihkan menjadi sebuah Stiker
  • Diskon Rp. 4.000 kita alihkan menjadi sebuah PIN
  • Diskon Rp. 25.000 kita alihkan untuk mencetak MUG
  • Diskon Rp. 75.000 kita alihkan untuk mencetak Kaos.

Maka customer anda akan berubah pikiran yang awalnya usaha anda berkesan murah meriah.

Menjadi

Anda adalah pemilik usaha yang baik hati dan sering berbagi. Customer anda pasti akan merekomendasikan usaha yang dijalankan dengan baik dan ramah.

Mendapatkan citra baik bukan hanya sekedar memberikan apa saja yang kita punya, tetapi yang kita berikan harus bermanfaat untuk customer.

Jangan sampai anda di cap PELIT oleh customer anda!

Anda harus berhati-hati ketika memberikan sesuatu untuk customer. Anda harus mempertimbangkan nilai barang yang diberikan.

Jika dianalogikan seperti diskon diatas, maka paling tidak anda harus memberi sebuah barang yang bernilai diatas 25.000 rupiah.

Sekarang apakah 25.000 itu cukup efektif untuk mendapatkan citra baik usaha anda?

Apakah dengan "Sogokan" 25ribu membuat customer anda terlena?

Jawabannya mungkin tidak. Bagaimana solusinya? Anda hanya perlu pencitraan secara terus menerus dan menyesuaikan dengan kemampuan budget usaha ada.

Anda bisa merencakan promosi pertama anda dengan memberikan Merhandise senilai 25 ribu (Contoh nya Gelas MUG), untuk promosi selanjutnya anda bisa memberikan sesuatu yang lebih murah seperti stiker atau pin.

Contoh Merchandise yang bisa anda bagikan untuk customer

Sesuatu yang dilakukan secara terus menerus (meskipun nilai itu kecil) tetap akan membuat orang berpikiran:

  • Anda adalah orang yang tekun dalam wirausaha
  • Anda adalah orang yang sering berbagi
  • Anda adalah orang yang tidak memikirkan keuntungan untuk diri anda sendiri

Kesimpulan

Ubah cara promosi anda dengan hal yang dapat membuat citra usaha anda lebih baik dengan memberikan sesuatu yang memiliki nilai dan manfaat untuk orang lain. Lakukan itu secara terus menerus, maka kegiatan promosi anda bukan hanya tentang mengenalkan usaha anda tetapi juga meningkatkan citra usaha anda.

Tanyakan pada diri anda, apakah promosi saya sudah maksimal?

Siap untuk meningkatkan citra usaha anda?

Kami bisa jadi referensi

Cek harga MUG di www.walisongo.co.id/cetak-mug


Bisa kontak via SMS/WA di 081251950405


Bagikan Kirim Twitt
Artikel Terkait
menghadapi customer php

Cara Ampuh Menghadapi Customer PHP (PRAKTEK)
25 April 2018

Selengkapnya

Promosi Produk

3 Langkah Kreatif Rubah Promosi Bisnis Anda di Facebook atau Instagram
15 Oktober 2017

Selengkapnya


Kolom Komentar