printer terbaik

Printer Terbaik dan Harganya, Cocok untuk Pribadi atau Percetakan


Printer terbaik yang akan saya review disini adalah printer-printer pilihan teman-teman praktisi percetakan. Printer-printer ini bisa menjadi pertimbangan anda untuk usaha percetakan di tahun 2020.

Jika anda ingin fokus usaha cetak foto, maka anda perlu printer yang resolusi cetak yang bagus.

Jika anda ingin fokus usaha cetak blangko undangan, maka anda perlu printer yang memiliki kecepatan tinggi.

Jika anda ingin fokus usaha cetak dokumen (biasanya sama fotocopy), maka anda perlu printer yang bandel (tahan lama) dan resolusi cetak yang ideal.

Jika anda hanya ingin menggunakan printer untuk kegunaan pribadi, maka anda perlu mencari printer harga murah dan resolusi cetak yang bagus.

Ya, ketika ingin membeli printer, anda perlu mengetahui apa yang menjadi kebutuhan anda. Jangan sampai anda salah memilih printer karena spesifikasi printer anda tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Selain membaca artikel ini, anda juga saya rekomendasikan untuk bertanya di forum atau sosial media, serta berkonsultasilah dengan orang kepercayaan anda yang berpengalaman di bidang printer.

Daftar Isi sembunyikan

Tabel Printer Terbaik

Tipe Harga
Canon PIXMA IP2770 Rp. 650.000
Epson L310 Rp. 1.730.000
Epson L800 Rp. 3.680.000
Epson L1300 Rp. 5.900.000
Epson L1800 Rp. 6.990.000
Epson Stylus Photo 1390 Rp. 5.500.000

1. Canon PIXMA IP2770

printer terbaik

Printer Terlaris yang mendapati julukan “Printer Sejuta Umat” Canon IP2770 masuk kedalam nominasi printer terbaik. 

Kualitas Cetak yang luar biasa, kecepatan yang mengalahi printer merek lain serta harga yang murah menjadi alasan kenapa Canon IP2770 ini menjadi salah satu printer terbaik.

Saya sendiri berberapa kali menyinggung printer Canon IP2770 pada berberapa artikel saya, seperti:
1. Usaha Cetak Undangan
2. Usaha Cetak Foto
3. Kenapa Catridge Printer Canon IP2770 Cepat Rusak atau Mampet

Yang menjadi keunggulan printer Canon IP2770 dari pada printer merek lainnya adalah Kecepatan, Resolusi Cetak, dan Harga yang Murah. Sedangkan kelemahan dari printer Canon IP2770 ini adalah head cartridge yang lemah.

Saya mengulas secara mendetail tentang printer ini di artikel berikut:

Review Canon IP2770

1.1. Harga Printer Canon IP2770

Printer Canon IP2770 laris juga karena faktor harganya yang murah. Dibandrol dengan harga kisaran Rp. 650.000, anda sudah bisa mendapatkan printer yang cepat dan memiliki resolusi cetak tinggi.

Dibanding pesaingnya Epson, harga printer Canon memang tergolong murah. Printer canon memiliki harga 2 kali lebih murah dari printer Epson.

Ini adalah harga terbaru printer Canon IP2770 yang saya dapatkan dari berberapa marketplace.

Bhinneka
IDR 660,000

Tokopedia
IDR 600.000

BliBli
IDR 607,000

1.2. Kecepatan Cetak Canon IP2770

Kecepatan printer Canon IP2770 ini sangat cocok sekali untuk anda yang ingin mendapatkan printer dengan kecepatan tinggi. Printer ini memiliki kecepatan cetak 7ipm (hitam putih), dan 4,8ipm (warna). (*ipm = image per minute / gambar permenit).

Dalam prakteknya, printer ini lebih unggul dari segi kecepatan di banding pesaingnya Epson. Tentu printer ini menjadi primadona bagi pengusaha percetakan yang menginginkan kecepatan dalam mencetak.

Printer ini sering sekali digunakan untuk mencetak Undangan Blangko.

1.3. Resolusi Cetak Tinggi Canon IP2770

Canon IP2770 menjadi salah satu printer murah dengan kualitas cetak yang tidak diragukan. Resolusi cetak sampai dengan 4800×1200 dpi akan memberikan citra gambar yang jelas dan tajam .

Seperti tagline printer ini “Pencetakan foto yang mudah dan terjangkau di rumah berkelas profesional”. Printer ini memberikan hasil cetak rumahan yang berkelas profesional.

Dengan harga 735.000 anda sudah mendapatkan kualitas cetak 4800x1200dpi, yang mana sudah mumpuni untuk kelas cetak foto rumahan. Sedangkan pesaingnya Epson, epson L series memiliki resolusi 5760×1440 dpi.

1.4. Head Cartridge Menjadi Kelemahan IP2770

Teknologi print head FINE™ dari Canon IP2770 memang menawarkan gambar yang jelas dan detail sekelas profesional tanpa mengorbankan kecepatan cetak. Tetapi, teknologi ini masih lemah dalam daya tahan cartridge.

Head printer ini akan sangat awet jika anda hanya mencetak teks dan logo (sedikit warna).  Saya telah mengulas kelemahan head printer Canon IP2770 ini pada artikel “Kenapa Cartridge Printer Canon IP2770 Cepat Rusak atau Mampet (PRAKTEK)“. 

1.5. Tips Canon IP2770 untuk Usaha Percetakan

Printer Canon IP2770 ini sangat cocok untuk usaha cetak Undangan Blangko. Kenapa? karena printer ini memiliki kecepatan cetak yang tinggi dan harga yang ekonomis.

Tetapi, dengan kecerdasan orang Indonesia. Kebanyakan kita mengakali Canon IP2770 ini menambahkan infus buatan seperti dibawah ini:

printer terbaik

Fungsi infus canon tidak lebih adalah agar tidak perlu mengganti cartridge ketika tintanya habis. Sehingga pengusaha percetakan bisa menghemat biaya belanja cartridge.

Untuk menjaga cartridge tetap awet anda juga bisa membaca artikel saya “Cara Agar Printer Awet“.

1.6. Spesifikasi Printer Canon IP2770

Kegunaan Cetak Dokumen dan Foto
Harga Printer Rp. 650.000
Harga Head Printer Rp. 285.000
Harga Tinta (CMYK) Rp. 240.000
Garansi 1 Tahun
Resolusi 4800x1200dpi
Kecepatan 7ipm (hitam putih), dan 4,8ipm (warna)
Supported OS Windows: 2000 SP4, XP SP2 / SP3, Vista SP1 / SP2, 7; Mac: OS X 10.4.11 – 10.6
Dimensi 445 x 250 x 130mm
Berat 3.4kg

2. Epson L310

printer terbaik

Printer epson yang satu ini juga menjadi salah satu primadona di dunia printer. Printer cetak A4/F4 ini memiliki head cartridge yang bandel dan biaya cetak yang murah.

Printer yang di bandrol dengan harga Rp. 1.730.000 ini menggunakan teknologi micropiezo menghasilkan resolusi cetak yang tinggi, yakni: 5760 dpi x 1440 dpi. Namun sayang, printer L310 tidak mendukung print borderless (tanpa tepi).

Teknologi Piezoelectric dari Micro Piezo pada printer L310 meskipun mampu mencetak resolusi tinggi, tetapi sedikit mengorbankan kecepatan cetaknya. 

Bukan hanya saya, banyak sekali pengusaha jasa cetak foto yang merekomendasikan untuk membeli printer ini karna kebandelan, kualitas, dan efisiensinya.

2.1. Printer Murah Epson

Di keluarga L Series Epson, tipe L310 bukan lah yang termurah. Tetapi menjadi printer termurah yang cocok untuk usaha percetakan foto. 

Berikut ini berberapa harga yang saya dapatkan dari berberapa marketplace:

Bhinneka
IDR 1.958.000

Tokopedia
IDR 1.730.000

2.2. Head Printer Super Bandel

Piezoelectric yang diproduksi oleh Micro Piezo™, menjadikan printer dengan head Piezoelectric terbukti keawetannya (bandel). Dan yang menggunakan teknologi Piezoelectric adalah Epson L Series.

Head Printer Epson L310 memang terkenal ketangguhannya, meskipun head ini dibuat untuk tinta berbasis air (Inkjet), head ini juga mampu bertahan dengan berbasis Minyak (Pigmen dan ArtPaper).

Berbeda dengan Canon, Cartridge printer Epson tidak ada lapisan busa, sehingga sirkulasi tinta akan bertahan lama dan tidak mengendap dibusa seperti printer Canon.

2.3. Resolusi Cetak Profesional

Jika anda pengusaha cetak foto atau fotografer, maka banyak sekali yang merekomendasikan printer ini sebagai senjata utamanya. Printer ini memiliki resolusi terbaik yakni 5760 dpi x 1440 dpi.

Apakah anda tahu? Printer L120 ternyata hanya memiliki resolusi 720x720dpi. Anda bisa baca ulasan lengkap saya tentang Epson L120 di artikel “Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Printer Epson L120 [REVIEW]“.

2.4. Ink Tank System Biar Irit

Alasan utama kenapa printer ini terbaik adalah Epson menggunakan teknologi Ink Tank System pada printernya. Semua printer keluarga besar L Series menggunakan Ink Tank System.

Ink Tank System ini berfungi sebagai tempat Tangki tinta printer, sehingga membuat printer menjadi lebih efisien dan hemat biaya cetak. 

Kenapa Ink Tank System membuat printer menjadi irit? Karena anda tidak perlu mengganti head cartridge ketika kehabisan tinta.

2.5. Roller Penarik Lemah

Tidak sedikit yang mengeluhkan lemahnya sistem Roller pada printer Epson L310. Mulai dari tarikan roller tidak seimbang, roller tidak mw menarik, dan bahkan membuat cetakan bergaris karna roller.

Yang paling sering terjadi pada printer Epson L310 adalah hasil cetakan miring. Ini disebabkan karna salah satu roller penarik sudah aus. Perlu di service.

Tetapi tidak selamanya kita menyalahkan lemahnya roller penarik printer ini. Bisa jadi, roller rusak karena anda menggunakan kertas dengan gramatur diatas 210gr yang tidak sesuai spesifikasi Epson L310.

Bahkan, ada berberapa printer yang sudah bertahun-tahun digunakan, yang rusak lebih dulu ada roller nya, bukan head cartridge nya.

Tetapi anda tidak perlu khawatir terkait kerusakan ini, anda cukup membawanya ke tempat servive printer resmi dari Epson untuk mengatasi ini.

2.6. Printer yang cocok Untuk Usaha Percetakan

Bisa anda buktikan jika anda bertanya di forum percetakan. Printer murah apa yang cocok untuk usaha percetakan? Maka akan banyak sekali yang merekomendasikan printer L310 ini.

Printer ini sangat direkomendasikan karna memiliki ketahanan cartridge yang luar biasa. dan bisa diaplikasikan menggunakan tinta Pigmen dan Artpaper.

Jika anda tetap menggunakan priter L310 dengan tinta Ori (Inkjet), maka anda salah satu usaha yang bisa anda coba adalah cetak dokumen, cetak undangan blangko, cetak blangko buku yasin, dan cetak foto.

Jika anda menggunakan tinta Artpaper yang berbasis minyak. Selain bisa menambah kualitas tinta yang tahan air. Anda bisa menambah usaha cetak stiker, dan cetak foto profesional.

Sedangkan jika menggunakan tinta Pigmen, anda bisa membuka usaha cetak mug, cetak kaos sublim, dan cetak transfer lainnya. Tetapi, tinta pigmen kurang baik untuk usaha cetak foto profesional. 

2.7. Epson L310 dengan Tinta ArtPaper

Artpaper adalah tinta berbasis minyak. Tinta yang biasa digunakan untuk cetak foto. Tinta ini sangat tahan terhadap air dan panas matahari. Sehingga dengan menggunakan tinta ini, hasil cetakan tidak akan mudah luntur karena air atau panas matahari.

Tetapi, tidak sedikit orang yang terkendala ketika menggunakan tinta artpapar, mulai dari gambar yang bergaris, warna kurang tepat, warna berbintik, warna berbayang, dan warna tidak melekat.

Ada berberapa faktor yang mempengaruhi hasil cetakan seperti itu. Biasanya karena baru pertama di ganti tinta sehingga tinta masih bercampur.

Tetapi ada berberapa kasus dikarenakan kualitas tinta yang tidak baik, atau tinta yang sudah basi. Maka, carilah tinta artpaper yang memang sudah teruji dan banyak merekomendasikannya.

2.8. Spesifikasi Printer Epson L310

Kegunaan Cetak Dokumen dan Foto
Harga Printer Rp. 1.730.000
Harga Head Printer Rp. 735.000
Harga Tinta (CMYK) Rp. 300.000
Garansi 2 tahun atau belum mencapai 30,000 halaman
Resolusi 5760 dpi x 1440 dpi
Kecepatan 9.2 ipm (hitam putih) / 4.5 ipm (warna)
Supported OS Windows XP / Vista / 7 / 8 / 8.1 / 10; Mac OS X 10.6.8 or later
Dimensi 482 x 222 x 130 mm
Berat 2.8kg

3. Epson L800

printer terbaik

Ultra-low Cost“, bukan sekedar low-cost, tetapi printer Epson A4 ini dikenal dengan printer dengan biaya cetak sangattt murah, tentunya dengan adanya Ink Tank System.

Yang membedakan dari Epson L300 adalah Printer Epson L800 ini memiliki 6 warna tinta, yakni black, cyan, magenta, yellow, light cyan and light magenta. Dimana setiap warna bisa mencetak 1800 foto ukuran 10x15cm kualitas tinggi.

Dengan kombinasi 6 warna ini, akan menghasilkan cetakan foto yang tajam dan hidup. Ditambah lagi jika anda berani menggunakan tinta artpaper, maka hasilnya dijamin ajib dan tahan lama.

Jika anda memiliki uang berlebih, tunda dulu membeli epson L310. Beli lah Epson L800, dengan tingkat keawetan yang tinggi, biaya cetak super murah, dan tentunya kualitas foto lebih tajam dan hidup dengan 6 warna tinta.

3.1. Harga Printer Epson L800

Printer profesional terjangkau, Jika anda adalah seorang fotografer profesional, maka printer L800 ini bisa disandingkan dengan anda. Printer dengan 6 warna ini dapat membuat hasil jepretan anda dicetak lebih hidup dan tajam.

Printer 6 warna tinta Epson L800 ini masuk dalam kategori menengah. Berikut ini harga printer L800 dari berberapa market place.

Blibli
IDR 3.680.000

Tokopedia
IDR 3.785.000

3.2. Head Cartridge Bandel (Awet)

Cartridge dengan teknologi Piezoelectric dari Micro Piezo™. Memberikan head cartridge 6 warna ini memberikan daya tahan, kualitas, dan kehandalan yang luar biasa.

Daya tahan head cartridge ini sama seperti Epson L310, tetapi head L800 memiliki 6 warna. Head cartridge L800 selain untuk tinta berbasis air (Dye / Inkjet), juga sering digunakan dengan tinta berbasis minyak artpaper atau pigment.

3.3. Biaya Cetak Super Murah

Biaya cetak super murah tentunya dipengaruhi oleh Ink Tank System yang ultra-high-capacity (Kapasitas Sangat Tinggi). Ink Tank System yang berfungsi sebagai Tangki penyimpanan tinta ini memberikan anda efisiensi waktu dan tinta dalam mencetak.

Kenapa Ink Tank System membuat printer menjadi irit? Karena anda tidak perlu mengganti head cartridge ketika kehabisan tinta.

Semua printer Epson L series memiliki Ink Tank System yang membuatnya lebih hemat biaya.

3.4. Hasil Cetak Lebih Hidup

Printer ini selain mendukung pencetakan borderless (tanpa tepi) juga memberikan hasil cetakan yang lebih hidup. Ini dikarenakan ada tambahan tinta Light Cyan dan Light Magenta.

Dengan adanya kedua tinta ini memberikan komposisi dan perpaduan hasil cetak yang lebih sempurna.

3.5. Garansi Printer Hanya 1 Tahun atau 3rb halaman

Yup, sangat disayangkan garansi resmi dari epson untuk printer L800 adalah 1 tahun atau belum melebihi 3000 halaman. Garansi ini jauh dibawah L310.

Jadi ketika anda ingin membeli printer ini, perlu diingat akan kesediaan service center dan spare partnya.

3.6. Printer Epson L800 untuk Usaha Percetakan

Dengan 6 warna tinta, tentunya printer ini memberikan kualitas cetak yang terbaik. Maka anda cocokan dengan fokus usaha anda.

Jika anda fokus usahanya adalah terkait dengan kualitas cetakan seperti usaha cetak foto dan stiker, maka printer ini saya rekomendasikan untuk anda menjalankan usaha cetak foto atau stiker.

Anda bisa menggunakan tinta berbasis minyak Artpaper untuk mencetak Foto atau Stiker, yang fungsinya adalah agar hasil cetakan tidak luntur terkena air dan tidak pudar ketika terkena sinar matahari.

Tetapi, jika fokus anda adalah cetak undangan blangko, cetak cover yasin blangko, atau cetak dokumen, maka amat sangat kurang porsinya untuk menggunakan printer L800 ini, anda bisa gunakan printer Epson L310.

3.7. Epson L800 dengan Tinta ArtPaper

Printer L800 ini sangat pas sekali jika disandingkan dengan tinta basis minyak seperti tinta Art Paper. Anda tidak perlu takut head cartridge Epson rusak. Karena Head cartridge Epson sangat lah handal akan tinta Artpaper.

Tetapi, agar printer L800 anda awet menggunakan tinta artpaper. Minimal setiap hari printer anda mencetak 1 halaman kertas. Gunanya? agar head cartridge tidak ada tinta yang beku karna tidak digunakan.

3.8. Spesifikasi Printer Epson L310

Kegunaan Cetak Foto Kualitas Tinggi
Harga Printer Rp. 3.680.000
Harga Head Printer Rp. 1.250.000
Harga Tinta (CMYK) Rp. 780.000
Garansi 1 tahun atau belum mencapai 3000 halaman
Resolusi 5760 dpi x 1440 dpi
Kecepatan 5.1 ipm (hitam putih) / 4.8 ipm (warna)
Supported OS Mac OS 10.5.8 or later; Windows 7, Windows Vista, Windows XP, Windows XP x64
Dimensi 537? x 289 x 188 mm
Berat 6.2kg

4. Printer Epson L1300

printer terbaik

Epson L1300 merupakan salah satu printer A3+ yang paling laris pasaran, terutama dikalangan para pengusaha percetakan / industri percetakan. Printer A3+ ini memiliki 4 warna tinta (CMYK) yang bisa menghasilkan resolusi gambar 5760 dpi x 1440 dpi.

Meskipun dengan 4 warna tinta (CMYK), printer L1300 ini memiliki 4 Ink Tank dan 1 tambahan Ink Tank Black (K). Salah satu faktor penambahan Ink Tank ini karena konsumsi tinta Black yang cukup banyak untuk printer A3+.

Dengan penambahan Ink Tank Black (K) ini, anda tidak perlu khawatir kehabisan tinta Black. Dengan tambahan ini juga, printer Epson L1300 tetap lah Low Cost Printer. Ink Tank System yang bisa menghemat biaya cetak A3+

Meskipun media cetak printer L1300 adalah A3+, anda tetap bisa mencetak ukuran dibawahnya seperti A4 / F4.

Printer dengan banyak kelebihan yang menjadi primadona di Indonesia ini menyuguhan kualitas cetak tajam, Low Cost A3+ print, dan tentunya head cartridge yang super awet.

4.1. Harga Printer L1300

Printer A3+ Epson L1300 menjadi salah satu printer idaman yang dari berberapa market place di bandrol dengan harga:

Bhinneka
IDR 6.281.000

Bukalapak
IDR 5.760.000

Blibli
IDR 6.200.000

4.2. Pencetak A3+ Kualitas Tajam

Dengan resolusi cetak mencapai 5760 dpi x 1440 dpi, maka kita tidak perlu ragu lagi dengan kualitas cetak printer A3+ ini. Printer L1300 mampu memberikan hasil cetak tajam di kertas A3+

Dengan kualitas yang tajam dan detail ini, jika anda adalah seorang arsitekur, maka anda bisa mencetak file CAD anda dengan baik dengna printer L1300 ini.

4.3. Lima Ink Tank Bikin Printer Makin Efisien

Printer A3+ Epson L1300 ini memiliki 4 Ink Tank dan 1 tambahan Ink Tank Black, maka total Ink Tank printer ini adalah 5 Ink Tank. Ink Tank System pada printer L1300.

Untuk sebagian kasus, kadang terjadi selang infus Epson mampet sehingga tidak terdistribusi ke Cartridge. Hal ini juga menjadi salah satu kelemahan Ink Tank System nya Epson. Salah satu faktor kenapa terjadi seperti ini karena kesalahan dalam mengisi tinta atau tidak ada jalur masuk udara ke Ink Tank.

4.4. Head Cartridge Awet di Segala Medan

Memang Printer Epson terbukti keawetan head printernya. Semua printer Epson L series menggunakan head Piezoelectric dari Micro Piezo™. Praktisi percetakan pun banyak memberikan rekomendasi “bahwa head yang bagus adalah yang menggunakan teknologi Piezoelectric, seperti Epson”.

Head Piezoelectric yang dibuat untuk tinta Dye / Ink jet, nyatanya banyak sekali digunakan juga dengan tinta basis minyak seperti Art Paper dan Pigment. Meski begitu, head printer ini tetap terjaga keawetannya.

Dari berberapa informasi yang saya dapatkan, rata-rata head printer L1300 rusak ketika berumur 3 tahun keatas. Tentnya dengan pemakaian yang benar.

4.5. Printer Epson L1300 untuk Usaha Percetakan

Printer seri L1300 menjadi salah satu printer yang paling laris dikalangan para pengusaha / pebisnis percetakan. Printer ini sangat cocok untuk industri / bisnis percetakan.

Dengan 4 warna tinta (CMYK), maka printer ini cocok sekali jika digunakan untuk usaha cetak foto, cetak undangan blangko, cetak buku yasin, dan cetak dokumen.

Tetapi, jika anda ingin membuat usaha anda lebih baik, anda bisa menggunakan tinta Art Paper agar hasil cetakan tidak luntur dan pudar. Jika anda menggunakan tinta Art Paper, anda juga bisa membuka usaha cetak foto profesional dan usaha cetak stiker.

Dengan lebar media mencapai A3+, anda juga bisa membuka usaha cetak brosur / pamflet yang tentunya menggunakan tinta Art Paper. Kemudian dengan ukuran A3+ ini, anda juga bisa menyicipi usaha custom jam dinding.

Sedangkan jika anda menggunakan tinta pigmen (seperti sublim) pada printer L1300 ini. Anda bisa mencoba untuk membuka usaha cetak Kaos, cetak mug, cetak case hape, cetak di kayu, dsb.

4.6. Epson L1300 dengan Tinta Art Paper

Sebagian besar tinta art paper digunakan untuk industri / bisnis. Karena tinta art paper yang berbasis minyak memiliki sifat anti luntur jika terkena air dan anti pudar jika terkena matahari.

Epson seri L1300 sangat aman dan cocok menggunakan tinta art paper, asalkan anda memakai printer setiap hari. Karena Art Paper berbasis minyak, maka ada baiknya ada mencetak minimal 1 lembar perhari, agar tidak mampet.

4.7. Spesifikasi Printer Epson L1300

Kegunaan Cetak Foto ukuran A3+
Harga Printer Rp. 5.900.000
Harga Head Printer Rp. 1.265.000
Harga Tinta (CMYK) Rp. 280.000
Garansi 2 tahun atau belum mencapai 30,000 halaman
Resolusi 5760 dpi x 1440 dpi
Kecepatan 15 ipm (hitam putih) / 5.5 ipm (warna)
Supported OS Windows XP / Vista / 7 / 8 / 8.1 / 10; Mac OS X 10.5.8 or later
Dimensi 705 x 322 x 215 mm
Berat 12.2kg

5. Epson L1800

printer terbaik

Salah satu printer terbaik A3+ dengan 6 warna tinta yang membuat hasil cetak menjadi lebih tajam dan lebih hidup. Epson L1800 hadir dalam tagline “Ultra-low cost printing“. 

Epson L1800 memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalaha pencetak A3+ berkualitas dengan 6 warna tinta dan Ink Droplet yang kecil. Maka, printer L1800 mampu menghasilkan hasil cetakan yang detail dan halus.

Dikalangan inudstri / bisnis, printer ini sangat banyak ditemukan untuk usaha cetak foto / foto studio. Karena kemampuan cetak yang tinggi dan lebar media mencapai A3+ 

5.1. Harga Printer Epson L1800

Dari beberapa marketplace, Printer A3+ dengan 6 tinta warna (CMYK+LC+LM) ini biasa digunakan untuk cetak foto profesional yang dibandrol dengan harga:

Bhinneka
IDR 7.568.000

Bukalapak
IDR 6.456.400

Blibli
IDR 6.990.000

5.2. Kualitas Cetak Tinggi dan Tajam

Tidak perlu di ragukan lagi, printer Epson L1800 ini memiliki kualitas cetak yang tinggi. Dengan resolusi cetak sampai 5760 dpi x 1440 dpi, ditambah dengan 6 warna tinta yang bisa bikin gambar lebih hidup.

Dengan adanya tambahan warna tinta Light Cyan dan Light Magenta, membuat hasil cetak gradasi lebih halus dan meningkatkan kualitas cetak hitam putih. Maka, hasil cetak anda akan menjadi lebih hidup.

Droplet Size printer ini adalah 1.5pl, yang artinya hasil dari cetakan printer L1800 menjadi lebih halus dan detail.

5.3. Garansi Printer Hanya 1 Tahun atau 9rb halaman

Yup, sangat disayangkan garansi resmi dari epson untuk printer L1800 adalah 1 tahun atau belum melebihi 9000 halaman. Berbeda dengan garansi epson L1300 ykni 2 tahun atau 30rb halaman.

Jadi ketika anda ingin membeli printer ini, perlu diingat akan kesediaan service center dan spare partnya.

5.4. Head Awet Epson L1800

Dengan 6 warna tinta yang dimiliki oleh Epson L1800, Tetap menjadikan printer Epson tak terkalahkan keawetan head printernya. Semua printer Epson L series menggunakan head Piezoelectric dari Micro Piezo™. Praktisi percetakan pun banyak memeberikan rekomendasi “bahwa head yang bagus adalah yang menggunakan teknologi Piezoelectric, seperti Epson”.

Head Piezoelectric yang dibuat untuk tinta Dye / Ink jet, nyatanya banyak sekali digunakan juga dengan tinta basis minyak seperti Art Paper dan Pigment. Meski begitu, head printer ini tetap terjaga keawetannya.

Dari berberapa informasi yang saya dapatkan, rata-rata head printer L1800 rusak ketika berumur 3 tahun keatas. Tentnya dengan pemakaian yang benar.

5.5. Printer Epson L1800 untuk Usaha Percetakan

Printer A3+ Epson L1800 dengan 6 warna ini sangat cocok jika disandingkan dengan usaha cetak yang membutuhkan ketajaman cetak dan hasil yang lebih hidup. Seperti usaha studi foto atau cetak poster.

Printer 6 warna L1800 ini bisa juga untuk usaha cetak undangan blangko, cetak blangko yasin, dan cetak dokumen. Tetapi, terlalu berlebih jika menggunakan 6 warna tinta jika hanya untuk mencetak blangko undangan atau yasin.

Printer ini memang cocok untuk usaha yang fokus pada kualitas ketajaman foto.

Sedangkan jika anda ingin menambah hasil cetak yang luar biasa. Anda bisa mencoba menggunakan tinta basis minyak Art Paper yang tintanya anti luntur dan anti pudar. Ini cocok untuk cetak foto profesional.

Dan jika anda ingin menggunakan tinta pigmen Sublime, maka anda bisa gunakan untuk usaha cetak kaos, cetak mug, cetak mousepad, cetak hardcase handphone, dll. Tetapi tinta pigment sangat buruk untuk cetak foto.

5.6. Spesifikasi Printer Epson L1800

Kegunaan Cetak Foto ukuran A3+
Harga Printer Rp. 6.990.000td>
Harga Head Printer Rp. 2.050.000
Harga Tinta (CMYK) Rp. 750.000
Garansi 1 tahun atau belum mencapai 9,000 halaman
Min. Ink Droplet 1.5pl
Nozzle 90 per warna
Resolusi 5760 dpi x 1440 dpi
Kecepatan 15 ppm (hitam putih) / 15 ppm (warna)
Supported OS Windows XP / Vista / 7 / 8 / 8.1 / 10; Mac OS X 10.5.8 or later
Dimensi 705 x 322 x 215 mm
Berat 12.5kg

6. Epson Stylus Photo 1390

printer terbaik

Printer Epson 1390 dengan tagline “Print Spectacular Visuals Up To A3+ Size” mampu menghasilkan hasil cetak yang spektakuler sampai dengan ukuran A3+.

Printer ini mampu mengefisienkan penggunaan tinta karena menggunakan INKdividual™ cartridge. Selain itu, untuk menghasilkan resolusi 5760 dpi x 1440 dpi. Printer ini menggunakan head Piezoelectric dengan VSDT technology.

Di Indonesia, printer Epson 1390 ini banyak di modifikasi untuk sablon DTG (Direct to Garment) karena ketangguhannya.

6.1. Harga Epson Stylus Photo 1390

Printer A3+ terlaris ini dari berberapa marketplace yang saya dapatkan dibandrol dengan harga:

Bhinneka
IDR 5.500.000

Tokopedia
IDR 5.490.000

Blibli
IDR 5.690.000

6.2. Kualitas Cetak Epson 1390

Epson Stylus Photo 1390 merupakan printer inkjet ukuran A3+ dengan 6 tinta warna yang terjangkau dan didesain untuk memberikan hasil cetak photo yang spektakuler. 

Dengan printhead Micro Piezo yang mampu mengatur ukuran droplet tinta yang dijatuhkan membuat hasil cetak warna anda semakin tajam dan terang. Dengan ukuran droplet minimum 1.5 pl epson 1390 dapat mencetak dengan resolusi hingga 5760 x 1440 dpi. Selain itu Print head Micro Piezo ini juga sangat durabel sehingga dapat mengurangi biaya perawatan.

6.3. Print Head Micro Piezo Awet

Cartridge dengan teknologi Piezoelectric dari Micro Piezo™. Memberikan head cartridge 6 warna ini memberikan daya tahan, kualitas, dan kehandalan yang luar biasa.

Daya tahan head cartridge ini sama seperti Epson L800. Head cartridge epson 1390 selain untuk tinta berbasis air (Dye / Inkjet), juga sering digunakan dengan tinta berbasis minyak artpaper atau pigment.

Maka dari itu, karena ketahanan head printer ini, printer ini sering di modifikasi menjadi printer DTG.

6.4. Garansi Printer Hanya 1 Tahun atau 9rb halaman

Berbeda dengan printer 4 warna, printer epson 1390 dengan 6 warna ini memiliki garansi yang singkat yakni 1 tahun atau belum melebihi 9000 halaman. Berbeda dengan garansi epson L1300 ykni 2 tahun atau 30rb halaman.

Jadi ketika anda ingin membeli printer ini, perlu diingat akan kesediaan service center dan spare partnya.

6.5. Epson Stylus Photo 1390 dengan tinta ArtPaper

Printer ini sangat rekomended jika anda ingin menggunakan tinta artpaper atau pigment. Perlu diingat pula, ketika anda menggunakan tinta artpaper / pigment maka garansi printer anda anda hangus.

6.6. Epson Stylus Photo 1390 untuk Usaha Percetakan

Printer A3+ Epson 1390 dengan 6 warna ini sangat cocok jika disandingkan dengan usaha cetak yang membutuhkan ketajaman cetak dan hasil yang lebih hidup. Seperti usaha studio foto atau cetak poster.

Printer 6 warna 1390 ini bisa juga untuk usaha cetak undangan blangko, cetak blangko yasin, dan cetak dokumen. Tetapi, terlalu berlebih jika menggunakan 6 warna tinta jika hanya untuk mencetak blangko undangan atau yasin.

Printer ini memang cocok untuk usaha yang fokus pada kualitas ketajaman foto.

Sedangkan jika anda ingin menambah hasil cetak yang luar biasa. Anda bisa mencoba menggunakan tinta basis minyak Art Paper yang tintanya anti luntur dan anti pudar. Ini cocok untuk cetak foto profesional.

Dan jika anda ingin menggunakan tinta pigmen Sublime, maka anda bisa gunakan untuk usaha cetak kaos, cetak mug, cetak mousepad, cetak hardcase handphone, dll. Tetapi tinta pigment sangat buruk untuk cetak foto.

6.7. Spesifikasi Printer Epson Stylus Photo 1390

Kegunaan Cetak Foto ukuran A3+
Harga Printer Rp. 5.500.000
Harga Head Printer Rp. 2.050.000
Harga Tinta (CMYK) Rp. 750.000
Garansi 1 tahun atau belum mencapai 9,000 halaman
Min. Ink Droplet 1.5pl
Nozzle 90 per warna
Resolusi 5760 dpi x 1440 dpi
Kecepatan 15 ppm (hitam putih) / 15 ppm (warna)
Supported OS Windows 98 SE / ME / 2000 / XP / Vista / 7 / 8 / 8.1 / 10; Mac OS X 10.2.8 or later
Dimensi 615 x 314 x 223 mm
Berat 11.5kg

Tips Memilih Printer Sebelum Membelinya

Ada berberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum anda membeli sebuah printer, baik itu printer untuk rumahan atau untuk bisnis.

1. Kegunaan Printer

Di bagian awal artikel ini saya sudah menyinggung berberapa hal pertimbangan kegunaan printer anda.

Apakah anda gunakan untuk rumaha atau bisnis. Jika untuk rumahan, maka pasti anda akan memilih printer yang murah dan berkualitas. Sedangkan jika untuk usaha maka anda membutuhkan printer yang awet dan berkualitas.

Setelah anda tahu apa tujuan menggunakan printer, maka selanjutnya anda mencari spesifikasi printer yang cocok.

Printer untuk rumahan biasanya membutuhkan printer All-in-one (print, scan, copy). Sedangkan jika digunakan untuk bisnis, maka anda membutuhkan printer yang khusus untuk mencetak.

2. Survey harga dan spesifikasi di Internet

Sebelum anda membeli printer, pastikan anda juga sudah mengecek harga maupun spesifikasi printernya via internet.

Atau jika anda ragu, anda bisa tanyakan kepada teman-teman atau forum media sosial sebelum membeli printer.

Survey harga & Spek ini berguna untuk menambah referensi anda sebelum membeli printer.

3. Kesediaan Service Center

Saya pernah mendapati kejadian setelah membeli mesin dengan merek tertentu di sebuah showroom. 1 bulan kemudian showroom itu sudah tidak ada di tempat (bangkrut). Tentu ini merugikan kita sebagai konsumen.

Hal pertama yang bisa anda tanyakan adalah “Sudah berapa lama toko/showroom ini berdiri?”. Karena semakin lama showroom itu berdiri, maka semakin kuat kualitas showroom itu. Kemudian tenaga ahli service pun pasti terjaga.

4. Spare Part Tersedia

Kemudahaan pencarian spare part juga harus jadi pertimbangan anda. Untuk anda yang berada di pulau Kalimantan, Sulawesi, Papua, Sumatra, mungkin akan kesulitan mencari kesediaan sparepart karena harus mengirim dari pulau Jawa.

Tetapi, tanyakan lah pada toko / show room tempat anda membeli printer terkait kesediaan spare part.

5. Garansi

Terakhir, garansi juga penting buat anda. Pastikan Garansi anda jelas. Dan mudah untuk mengurusnya.

Pertanyaan Umum (FAQ)

Printer apa yang bagus?

Memilih printer tergantung peruntukannya. Jika untuk skala besar, maka gunakanlah printer epson. Jika sedikit, gunakan Canon.

Printer apa yang cocok untuk mahasiswa?

Untuk mengerjakan tugas, maka saya sarankan menggunakan canon ip2770, baca ulasan lengkapnya di Review Canon IP2770

Printer apa yang cocok untuk percetakan kecil?

Mayoritas menggunakan Epson L310 karena kebandelan print headnya (awet).


Penutup,

Pada penutup artikel ini, saya banyak memberikan terima kasih buat teman-teman percetakan yang sudah berkontribusi pada artikel ini.

Bagi anda jika ingin berkontribusi pada artikel ini atau ingin merekomendasikan sebuah printer, silahkan hubungi saya via email di adamprasetya2@gmail.com.

Terima kasih. Salam Hangat.

Tentang Penulis: adamprasetya

Pemilik usaha Percetakan Walisongo yang melayani segala macam order terkait kertas. Juga hobi membuat konten di website / blog lainnya.

You May Also Like

2 Comments

  1. terimaksih atas info yang diberi sangat bermanfaat sekali menambah wawasan untuk usaha saya foto copy ATK DAN CETAK FOTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *