Cara Agar Printer Awet dan Tahan Lama dengan Ink Stabilizer atau Dumper CISS

Diposting pada: oleh
Bagikan Kirim Twitt
printer infus
Diupdate pada: 21 Juli 2018

Artikel yang saya tulis ini juga memuat tips mengatasi selang infus printer yang masuk angin. Awet tidaknya printer infus dipengaruhi lancarnya distribusi tinta.

Banyak istilah untuk menyebut perangkat tambahan ini, misalnya ink stabilizer, dumper, damper tinta, dll. Tapi saya sering menyebutnya dumper tinta, Namun juga sering menyebut Ink Stabilizer.

Tidak banyak pengusaha percetakan yang tahu tentang dumper tinta ini, jika anda pengusaha percetakan pemula, maka anda harus mencoba ink dumper ini. Dengan banyak kelebihannya, tidak ada salahnya anda mencobanya bukan? Lagian harganya juga tidak mahal..

Gunakan ink Dumper / Ink stabilizer ini jika ingin catridge anda awet. Manfaatnya adalah untuk menstabilkan aliran tinta agar tidak boros dan tidak terlalu banyak atau sedikit. Sehingga catridge anda menjadi lebih awet dan tahan lama.

Ink Stablizier / Dumper Ink adalah sistem tinta satu arah (one way system), awal mula dumper dipergunakan untuk printer HP yg mau di infus, karena printer hp tidak memakai mekanik cleaning (asf) maka digunakanlah alat ini agar tintanya bisa tersedot dengan stabil.

Dibawah ini adalah contoh penerapan ink dumper / stabilizer:

mengatasi infus masuk angin

Ink stabilizer biasanya digunakan jika anda membeli catridge baru, karena jika anda menggunakan catridge yang sudah rusak, ya saya rasa percuma saja menggunakan ink stabilizer ini, karena catridge anda sudah rusak duluan.

Gejala yang sering dialami printer selang infus masuk angin, dan ini adalah penampakan selang infus tinta yang masuk angin alias distribusi tinta terhambat. Biasanya ini terjadi di printer canon, karena memang canon tidak dibuat untuk selang infus.

mengatasi infus masuk angin

Maka tepat sekali jika anda menggunakan stabilizer / dumper ink ini, selain membuat catridge awet juga membuat pengeluaran anda efisien.

Ink dumper tidak akan selamanya berjalan, perlu diganti yang baru juga jika sudah terlalu lama, karena ink dumper ini juga bisa berkarat dibagian dalamnya karena selalu terkena tinta printer.

Tipe Printer Untuk Ink Stabilizer / Dumper

Semua printer inkjet bisa menggunakan Stabilizer ini, tetapi untuk percetakan biasanya digunakan untuk printer canon yang di modifikasi dengan infus. Printer canon memang tidak dirancang dengan infus, maka sangat cocok menggunakan ink stabilizer ini. Ink Stabilizer paling banyak digunakan untuk printer Canon IP2770 (Layaknya avansa dan xenia, printer ini disebut printer sejuta umat).

Saya telah mengulas printer canon ip2770 secara spesifik dan lengkap pada artikel saya berikut ini:

Demikian pula printer HP yang di modifikasi dengan infus, sangat direkomendasikan menggunakan ink stabilizer ini.

Sedangkan untuk printer epson, penggunaan ink stabilizer tidak terlalu dibutuhkan. Karena printer epson sudah di rancang menggunakan infus. Lagi pula, di bagian catrdige printer epson sudah ada ink stabilizer / dumper tinta ini.

Anda bisa membeli nya di toko komputer atau aksesoris komputer, Ink stabilizer dipasaran berkisar antara 40 - 90 ribu rupiah untuk empat warna tinta. Harga tergantung kondisi daerah anda ya, karena saya mengecek harga pasaran di internet.

Dengan harga 40 - 90 ribu saya rasa tidak memberatkan anda untuk menggunakan dumper / stabilizer tinta ini. Sebanding dengan efek positif yang akan anda dapatkan.

Cara Memasang Ink Stabilizer / Dumper

Untuk memasang ink stabilizer / dumper ini tidak terlalu susah-susah banget, intinya anda hanya memasang ink stabilizer di selang infus agar aliran dari tabung ke catridge menjadi lancar.

Simak langkah-langkah memasang ink stabilizer ini dengan seksama:

  • Sebaiknya menggunakan sarung tangan, karena pekerja yang profesional selalu bermain dengan bersih, selain itu juga bisa gak kotor tangannya. Tinta printer susah dihilangkan dengan air biasa.
  • Sebaiknya tabung tinta dalam kondisi belum terisi / terisi sedikit, namun jika memang sudah terisi penuh, anda bisa menguras nya sedikit biar tidak tumpah. Tetapi jika anda enggan, ya anda bisa langsung pasang dengan tinta penuh, konsekuensinya tangan anda akan dipenuhi tinta yang tumpah.
  • Menutup tabung infus printer, karena dengan menutup tutup tabung infus dapat sedikit menghambat keluarnya tinta. Jadi menghindari tinta tumpah ke lantai.
  • Ikuti arah panah pada ink stabilizer agar tidak terbalik, di stabilizer ada arah panah yang menunjukan in dan out selang infus, jadi anda harus memasangnya sesuai dengan arah panah ink stabilizernya. Jika anda memasangnya tebalik, maka selang infus justru tidak akan mengalir.
  • Potong selang infus secukupnya agar bisa dipasang ink stabilizer, langkah awal ini anda harus memotong selang infus secukupnya (bisa di tengah-tengah). Fungsi memotong selang ini adalah untuk memasang ink stablizer (sebagai penghubung). Ink stabilizer juga sebaiknya ditempelkan di samping tabung infus, dengan melekatkannya dengan isolasi.
  • Sambungkan infus dengan ink stabilizer, sambungkan selang yang telah di potong dengan ink stabilizer sesuai dengan arah panah pada ink stabilizer. Sambungkan semua selang sesuai dengan warnanya, jangan sampai salah memasang selang. Karena jika salah bisa membuat catridge rusak.
  • Sedot infus dengan alat sedot yang dibuat dari suntikan yang diberi selang pada bagian ujungnya. Kemudian sedot selang sampai ink stabilizer teraliri. Alat sedot bisa anda bersihkan kembali dengan air agar bisa digunakan lagi.
  • Pasang kembali selang infus ke catridge sesuai dengan warna masing-masing.
  • Selamat, catridge printer anda menjadi lebih awet dan tahan lama.

Mungkin sekian artikel bagaimana membuat printer infus menjadi lebih awet dengan ink stabilizer / dumper ini. Dengan memasang ink stabilizer, saya jamin catridge anda akan menjadi lebih awet karena aliran tinta menjadi stabil dan tidak boros.

Jika sebelumnya catridge anda hanya mampu mencetak 1000 lembar saja (kemudian harus head cleaning), maka dengan ink stabilizer ini bisa menambah keawetan catridge hingga 1500 lembar (tanpa head cleaning). Dan ink stabilizer ini sangat saya rekomendasikan untuk printer canon dan HP.

Biasanya pasti anda mencetak banyak karena ada orderan undangan blangko bukan? Anda bisa baca nih tips buat anda yang baru membuka usaha percetakan undangan di artikel saya yang berjudul "Kiat Sukses Membuka Usaha Cetak Undangan".

Anda juga kami rekomendasikan membaca artikel tentang printer-printer terbaik disini:


Bagikan Kirim Twitt
Artikel Terkait
cara cetak foto

Cara Cetak Foto Agar Awet Anti Luntur
19 November 2018

Selengkapnya

mengatasi catridge printer rusak

Kenapa Cartridge Printer Canon IP2770 Cepat Rusak atau Mampet (PRAKTEK)
15 April 2018

Selengkapnya

cara print amplop

Cara Print Amplop Agar Tidak Kotor atau Bernoda Tinta
28 Januari 2018

Selengkapnya

Jasa pengetikan

Tips Menentukan Tarif Jasa Ketik Dokumen
26 Oktober 2017

Selengkapnya


Kolom Komentar