Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan WordPress? Ini Penjelasannya


Siapa sih yang tidak kenal dengan WordPress? Content Management System (CMS) yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003 tersebut saat ini menjadi platform blogging paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Selain gratis, mudah digunakan, dan SEO Friendly, WordPress tercatat memiliki berbagai kelebihan lain yang mampu menarik minat blogger maupun web developer. Apalagi jika kamu menggunakan WordPress versi Self-hosted yang dilengkapi layanan web hosting murah gratis domain, sehingga seluruh fungsi dan fitur bisa dikelola secara mandiri.

Nah, agar lebih mengenal terkait kelebihan dan kekurangan WordPress, berikut ini sudah kamu rangkum informasi selengkapnya.

Kelebihan WordPress

Apa saja kelebihan dari WordPress? Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.

1. Dukungan Komunitas Besar

Tahukah kamu? Setidaknya 30 persen website di dunia ini dibuat dan dikembangkan menggunakan CMS WordPress. Platform blogging yang didesain agar pengguna tidak perlu melakukan coding tersebut memang sangat populer karena memiliki dukungan komunitas yang besar.

Banyak pengembang berpengalaman yang terjun langsung dalam project open source WordPress. Alhasil, platform ini cepat diterima dan digunakan oleh webmaster di seluruh dunia. 

Dukungan komunitas sendiri memiliki beragam manfaat, mulai dari terjaganya pembaruan fitur, ketersediaan plugin dan template, hingga dokumentasi jika kamu menemukan error atau bug yang tidak bisa dipahami.

2. Mudah Digunakan

Di antara sekian banyak Content Management System (CMS) yang ada saat ini, bisa dibilang WordPress merupakan platform ramah pengguna yang cocok untuk segala kebutuhan. Kamu mau bikin website toko online? Bisa! Bikin website berita? Bisa! Bikin website company profile? Bisa!

Tampilan dashboard WordPress juga sangat mudah dipahami karena sejak dari jaman dulu sampai saat ini tidak banyak mengalami perubahan berarti.

3. Bersifat Open Source

Salah satu keunggulan WordPress yang paling kami sukai adalah sifatnya yang open source. Open source sendiri berarti sistemnya bebas dikembangkan oleh siapa saja tanpa adanya fitur yang dibatasi. 

Keunggulan dari platform yang bersifat open source adalah akan selalu berkembang dan tidak bergantung pada satu pengembang saja.

4. Inovatif 

Keunggulan berikutnya yaitu fiturnya yang sangat inovatif. Meskipun sudah menjadi salah satu penguasa CMS di dunia, WordPress setiap tahun selalu mengembangkan ide-ide baru, termasuk melakukan adaptasi fitur gutenberg yang notabene merupakan page builder untuk memudahkan pengguna mendesain tampilan websitenya.

5. Gratis

WordPress adalah CMS yang bisa didapatkan secara gratis. Kamu cukup menyiapkan web hosting dan nama domain untuk bisa menggunakan CMS WordPress.

6. Tersedia Banyak Plugin

Terakhir, kamu bisa menikmati puluhan ribu template dan plugin di WordPress secara gratis maupun berbayar. Kehadiran plugin sangat membantu sekali bagi pengguna yang ingin menambahkan fitur tertentu namun tidak bisa melakukan coding.

Baca juga : jual beli followers instagram

Kekurangan WordPress

Terlepas dari berbagai kelebihan yang ada, WordPress juga tidak bisa dilepaskan dari sejumlah kekurangan. Inilah beberapa contoh kekurangan dari CMS WordPress yang masih cukup banyak dikeluhkan sampai sekarang.

1. Banyak Bloatware

Kekurangan pertama dari WordPress yang cukup mengganggu adalah banyaknya bloatware dari sistem bawaan. Apa itu bloatware? Secara umum, bloatware adalah aplikasi atau fitur tambahan yang tidak diinginkan dan tidak banyak diperlukan.

Kehadiran aplikasi atau fitur bloatware di WordPress justru bisa membuat website semakin berat karena dipenuhi oleh script dan kode yang tidak digunakan.

Sebagai pengguna WordPress, menurut kamu sendiri bagaimana? Apakah kehadiran bloatware di WordPress saat ini semakin banyak dan mengganggu? Tulis di kolom komentar ya!

2. Rawan Ancaman Keamanan

Sudah bukan rahasia lagi jika website berbasis WordPress kerap dijadikan target latihan para hacker pemula. Hal ini sebenarnya bukan fenomena baru, mengingat sistem WordPress yang hampir setiap bulan ditemukan celah baru karena kesalahan pengembang pihak ketiga atau internal WordPress sendiri.

Adapun mayoritas celah keamanan dari website berbasis WordPress sendiri rata-rata berasal dari penggunaan plugin atau template dari pihak ketiga. Jika tidak dilihat secara teliti, sejumlah plugin yang dikembangkan oleh orang lain justru bisa menjadi pisau bermata dua yang membuka celah bagi hacker untuk masuk ke dalam sistem website.

3. Perlu Layanan Hosting Berbayar

Hosting dan nama domain merupakan dua aset penting yang diperlukan untuk membuat website. Bagi kamu yang ingin menggunakan CMS WordPress.org maka perlu memiliki dua buah komponen tersebut, tanpa terkecuali.

Hal ini tentu akan berbeda jika kamu menggunakan layanan WordPress.com yang merupakan platform blog hosted dengan subdomain .wordpress.com. Tapi website jenis ini kurang cocok jika digunakan untuk kebutuhan profesional.

4. Update Sering Bermasalah

Untuk menyesuaikan dengan perkembangan jaman, WordPress selalu melakukan pembaruan fitur dan tampilan. Terakhir, mereka memperkenalkan update besar di versi 5.9 yang didalamnya berisi pembaruan text editor Gutenberg.

Meski memiliki tujuan baik, sayangnya dalam update WordPress beberapa kali ditemukan bug atau kesalahan yang membuat website bermasalah. Inilah yang patut diwaspadai oleh para blogger maupun webmaster yang memakai CMS ini. Pasalnya, jika website error setelah update maka akan menyebabkan kerugian besar bagi bisnis.

Demikianlah kelebihan serta kekurangan CMS WordPress yang perlu kamu ketahui. Yuk, bikin website bisnis sekarang juga dengan WordPress!

Tentang Penulis: adamprasetya

Pemilik usaha Percetakan Walisongo yang melayani segala macam order terkait kertas. Juga hobi membuat konten di website / blog lainnya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *