Cara Mudah Usaha Cetak Kartu Nama Pemula

Diposting pada: oleh
Bagikan Kirim Twitt
usaha cetak kartu nama
Diupdate pada: 16 November 2018

Kartu Nama adalah pelengkap agar bisnis atau profesi anda berjalan lancar. Dengan Kartu Nama kita bisa membangun jaringan dan bertukar informasi.

Kartu Nama biasanya berisikan informasi seperti Nama, Alamat, Nomor Telpon atau informasi penting lainnya.

Meski di era digital saat ini, peluang usaha kartu nama masih tidak pudar. Kartu Nama dibawa kemana-mana dan dibutuhkan dimana-mana.

Artikel ini memiliki berberapa pembahasan yang daftar isinya seperti berikut:


Jenis Kertas untuk Kartu Nama

Pada umumnya kertas yang digunakan untuk kartu nama adalah kertas Art Carton. Ketebelan kertas yang sering digunakan pun antara 230 - 310 gr.

Dibawah ini berberapa kertas yang sering digunakan untuk membuat kartu nama. Saya sajikan dalam bentuk tabel.

Item Gambar Ket. Harga
Photo Paper Glossy usaha cetak kartu nama Selain untuk mencetak foto, kertas glossy masih sering digunakan untuk cetak kartu nama. Karena pada sifatnya kertas ini hampir sama dengan kertas Art Carton. Bedanya, kertas ini tampil lebih mengkilap dari kertas Art Carton. Harga kertas photo pun relatif mahal. Rp. 1150 per lembar A4
Art Carton usaha cetak kartu nama Kertas ini memiliki warna putih dengan kedua sisi yang mengkilap. Kertas Art Carton memang sering digunakan untuk Kartu Nama, selain itu juga efisien digunakan untuk kalender, poster, atau brosur. Ketebalan kertas yang digunakan untuk Kartu Nama adalah 210 - 310 gr. Rp. 406 per lembar A4
Linen usaha cetak kartu nama Kertas linen adalah kertas yang memiliki tekstur. Selain kartu nama, kertas ini juga sering digunakan untuk sertifikat atau piagam penghargaan. Dengan tekstur nya, kertas ini bisa membuat kartu nama anda terlihat elegan. Rp. 529 per lembar A4

Cetak Kartu Nama dengan Printer Biasa

usaha cetak kartu nama

Optimalnya, printer yang menghasilkan kualitas cetak yang bagus adalah printer Canon IP2770 dan Epson L-series diatas L310.

Printer biasa adalah printer yang sering kita gunakan di kantor atau rumah. Printer ini menggunakan tinta biasa (Dye). Kelemahan jika anda menggunakan tinta biasa adalah hasil cetak yang luntur jika terkena air dan panas.

Tetapi anda bisa mengantisipasinya dengan menambahkan laminasi agar sedikit bertahan lama. Tentunya, akan menambah biaya produksi.

Mencetak kartu nama dengan tinta biasa (dye) untuk komersil tidak saya rekomendasikan karena tinta yang mudah luntur.


Cetak Kartu Nama dengan Printer Tinta Art Paper

usaha cetak kartu nama

Tidak semua printer bisa menggunakan tinta Art Paper, hanya printer Epson L-series lah yang bisa menggunakan tinta Art Carton

Kenapa hanya Epson yang bisa menggunakan Tinta Art Paper?

Karena print head epson tidak menggunakan busa di head nya, sehingga tidak mudah kering

Tinta Art Paper memiliki ketahanan terhadap air dan panas, sehingga tinta ini selain untuk kartu nama juga digunakan untuk cetak foto.

Memang berberapa kasus hasil cetak art paper tidak sebagus tinta biasa. Banyak merek tinta ini yang bertebaran di Indonesia, dari harga murah sampai mahal. Maka survey dan pilihlah tinta yang harganya tidak murahan dan memiliki review bagus dari pengguna lain.

Mencetak Kartu Nama dengan tinta Art Paper sudah bagus untuk dikomersilkan.


Cetak Kartu Nama dengan Digital Print A3+

usaha cetak kartu nama

Printer Laser A3+ di kota-kota besar sangat marak di tahun 2018 ini. Banyak produk yang bisa dihasilkan dari Printer Laser A3+ ini. Sebut saja merek Fuji Xerox yang harga rekondisinya 60 jutaan.

Hasil cetak laser print ini sudah terbukti tidak akan luntur terkena air atau panas, selain itu juga bisa menggunakan ketebalan kertas hingga 280 - 310 gsm. Selain itu juga mengurangi biaya produksi perlembar.

Jika anda menerima orderan Kartu Nama ribuan pcs maka sangat tidak efisien jika menggunakan printer epson biasa. Maka anda harus mencari jasa cetak laser A3+ agar memangkas biaya produksi.

Untuk ukuran kertas digital print tergantung jenis mesinnya, untuk mesin Xerox memiliki area kertas 32.5 x 48.7 cm. Sedangkan untuk mesin merek Ricoh memiliki area kertas 33 x 39 cm.


Printer Terbaik untuk Cetak Kartu Nama

Selain printer bagus, tinta untuk cetak kartu nama di usahakan pakai Art Paper.

Karena kartu nama biasanya full colour, maka beli lah printer yang memang untuk mencetak photo. Biasanya memiliki resolusi cetak 5760 x 1440 dpi.

Berberapa Tipe printer yang cocok dan efisien untuk mencetak Kartu Nama di Rumah. Saya sajikan dengan tabel agar mudah dibaca.

Tipe Harga Ket.
Epson L310 Rp. 1.730.000 Printer ini sangat laris di kelas Epson L-series; Printer ini hanya memiliki fungsi Print; Sebaiknya ketebalan kertas tidak melebihi 230gr.
Epson L360 Rp. 2.090.000 Printer ini laris di perkantoran karena memiliki fungsi Print, Scan dan Copy; Sebaiknya kertas tidak melebihi 230gr.
Epson L800 Rp. 3.785.000 Printer ini memiliki 6 tabung tinta (CMYK + LC + LM); Memiliki kualitas cetak yang sangat baik; Printer ini hanya memiliki fungsi Print.
Epson L1300 Rp. 6.200.000 Printer ini memiliki ukuran cetak A3; Printer ini memiliki 5 tabung tinta; Printer hanya memiliki fungsi Print; Printer ini hanya memiliki fungsi Print.

Alat Plong Kartu Nama Terlaris

Awet tidaknya alat plong itu tergantung pemakaian anda. Jangan sampai alat plong tidak digunakan berbulan-bulan, justru karna tidak digunakan alat ini bisa rusak.

Dibawah ini berberapa alat plong yang beredar dan laris di pasarn Indonesia.

  1. Alat Plong Merek ORIGIN usaha cetak kartu nama

    Alat ini memiliki ukuran potong 86 x 54 mm dengan dimensi 10x10x5cm dengan berat 5kg.

    Harga alat Plong ini kisaran Rp. 400.000.

  2. Alat Plong Tidak Bermerek Laris usaha cetak kartu nama

    Alat ini saya tidak ketahui mereknya apa karena berbahasa china. memiliki ukuran potong 86 x 54 mm dengan dimensi 29 x 21.5 x 19 cm dan berat 5.5kg.

    Harga alat plong china ini berkisar Rp. 460.000.

  3. Alat Plong Merek Heavy Duty usaha cetak kartu nama

    Alat ini memiliki ukurang potong 86 x 54 mm dengan berat 22kg.

    Harga alat plong ini berkisar Rp. 2.200.000.


Modal Usaha Cetak Kartu Nama

Dari banyak paparan diatas, maka bisa kita simpulkan ternyata usaha cetak kartu nama tidak memerlukan banyak modal. Cukup dengan keahlian anda menggunakan Aplikasi Desain dan printer maka anda sudah bisa memulai usaha ini.

Untuk merambah ke usaha cetak kartu nama ini maka modal yang anda butuhkan adalah

Item Rincian Jumlah
Printer Epson L310 1 unit Rp. 1.730.000
Tinta Art Paper CMYK 4 botol x Rp. 80.000 Rp. 240.000
Alat Plong 1 unit Rp. 460.000
Box Kartu Nama 100 pcs x Rp. 1.000 Rp. 100.000
Cutter 1 pcs Rp. 10.000
Penggaris Besi 1 pcs Rp. 25.000
T O T A L Rp. 2.565.000

Tips Usaha Cetak Kartu Nama

  1. Jangan Sering Gunakan Kualitas High Ketika Mencetak; Semakin sering anda menggunakan kualitas high maka head print anda akan semakin aus, sehingga merusak head print yang harganya mahal.
  2. Berikan Layanan Ekstra; Bersaing sehat bukan hanya dengan menjatuhkan harga, tetapi anda bisa menawarkan layanan tambahan seperti desain gratis kepada kustomer.
  3. Target Kustomer yang Jelas; Kartu nama sering digunakan oleh para profesi atau UMKM. Contohnya saya sering menjumpai supir taksi yang menggunakan kartu nama.
  4. Media Sosial alat Pemasaran; Gunakan media sosial anda untuk media promosi, baik itu promosi di forum atau menggunakan facebook ads.

Penutup,

Mulai lah membuat kartu nama untuk diri anda sendiri!


Bagikan Kirim Twitt
Artikel Terkait
bisnis undangan

Bisnis Cetak Undangan Jutaan Rupiah
11 Desember 2018

Selengkapnya

Peluang Usaha Fotocopy

Raup Untung Usaha Fotocopy, Ini Modal dan Tipsnya!
10 November 2018

Selengkapnya

usaha cetak stiker

Peluang Usaha Cetak Stiker Budget Minim
07 Oktober 2018

Selengkapnya

usaha cetak yasin tahlil

Banjir Order Usaha Cetak Buku Yasin Blangko
25 Mei 2018

Selengkapnya

usaha cetak undangan

Kiat Sukses Membuka Usaha Cetak Undangan Blangko
05 November 2017

Selengkapnya

peluang usaha cetak foto

Peluang Usaha Cetak Foto untuk Pemula
01 November 2017

Selengkapnya

peluang usaha percetakan

Peluang Usaha Percetakan Modal Laptop untuk Pemula
28 Oktober 2017

Selengkapnya


Kolom Komentar