Banjir Order Usaha Cetak Buku Yasin Blangko

Diposting pada: oleh
Bagikan Kirim Twitt
usaha cetak yasin tahlil
Diupdate pada: 23 Juli 2018

Artikel peluang usaha cetak buku yasin ini saya tulis karena usaha ini tergolong mudah dilakukan dan memiliki peluang yang besar. Anda juga tidak perlu membeli sebuah mesin khusus untuk mencetak buku yasin. 

Keahlian yang dibutuhkan untuk usaha cetak yasin ini adalah keahlian mendesain cover yang baik. Meski begitu, di era sekarang sudah banyak sekali orang yang membagikan contoh cover-cover buku yasin.

Peluang usaha cetak buku yasin yang saya tulis adalah peluang usaha cetak buku yasin BLANGKO. Kenapa blangko? karena anda tidak perlu ribet mencetak isi buku yasin, tetapi cukup mencetak covernya saja.

DAFTAR ISI

 

1. Apa itu Blangko Buku Yasin?

Blangko yasin adalah buku yasin yang sudah siap untuk di jilid. Jadi anda hanya perlu mempersiapkan cover custom sesuai keinginan anda. Penampakan blangko yasin anda bisa lihat sebagai berikut:

Jadi dengan blangko yasin anda tidak perlu ribet lagi mencetak isi buku yasin, anda hanya perlu mencetak cover dan menjilidnya saja.

 

2. Peluang Usaha Cetak Buku Yasin

Usaha ini memiliki peluang yang sangat terbuka sangat lebar. Budaya masyarakat muslim Indonesia yang masih menjalankan tradisi Yasin dan Tahlil masih terjaga hingga sekarang.

Buku yasin dan tahlil ini dibutuhkan bagi mereka yang kehilangan anggota keluarganya. Harapannya, dengan buku yasin dan tahlil ini dapat menjadikan amal jariyah bagi orang yang meninggal.

Usaha cetak buku yasin sendiri anda bisa di sandingkan dengan Usaha cetak foto, usaha cetak blangko undangan, jasa print dan pengetikan, dan lain lain.

 

3. Printer yang Cocok Untuk Usaha Cetak Buku Yasin

Printer apa yang dibutuhkan untuk cetak cover buku yasin pemula? Apakah Epson atau Canon? Jawabnya yakni:

  • Resolusi Cetak Baik
  • Biaya Cetak Murah
  • Tinta Artpaper (jika ada, lebih bagus)

Agar lebih mudah, anda akan saya berikan penjelasan bagaiman jika anda pilih printer Epson, dan bagaimana jika Canon.

Jika anda memilih printer Canon

Printer Canon yang paling sering digunakan adalah Canon PIXMA IP2770, dengan kisaran harga Rp. 750.000. Maka jika anda ingin menggunakan printer ini, anda paling tidak harus memodifikasi cartridge menjadi printer infus agar lebih irit tinta.

Karena basis tinta IP2770 adalah water-based. Maka hasil cetak printer ini luntur terhadap air dan pudar jika terkena panas. Printer IP2770 tidak bisa menggunakan tinta Artpaper. Maka untuk cetak cover yasin, anda perlu laminasi tambahan di cover nya (agar bertahan lebih lama).

Jika anda memilih printer Epson

Printer kami rekomendasikan adalah printer keluarga L series. Tetapi kami tidak menyarankan untuk menggunakan printer Epson L120, gunakalah printer selain L120 seperti L210, L310, L360, atau lainnya yang sesuai dengna budget anda.

Printer Epson dibandrol dengan harga kisaran 1,7 - 2 jutaan. Tidak seperti Canon, anda tidak perlu memodifikasi infus tambahan karena Epson sudah memiliki Ink Tank System. Sehingga biaya cetak Epson sudah tergolong rendah.

Tinta yang digunakan printer Epson L Series adalah water-based. Maka tinta printer ini luntur jika terkena air dan pudar jika terkena panas. Maka anda perlu menambahkan laminasi di covernya agar lebih tahan lama.

Tetapi, Printer Epson bisa menggunakan tinta basis minyak seperti tinta Art Paper. Dengan tinta Art Paper ini anda tidak perlu taku akan kualitas cetak anda, karena tinta Art Paper tidak luntur jika terkena air dan tidak pudar terhadap panas matahari. Tetapi akan lebih bagus lagi jika anda tambahkan laminasi.

Sudah tahukan kelebihan dan kekurangan jika anda menggunakan printer Canon atau Epson? Tentukan pilhan anda.

 

4. Rincian Modal Usaha Cetak Buku Yasin

Saya akan membagi rincian modal usaha cetak buku yasin menjadi 3, yakni: Investasi, Alat dan Bahan, dan Penunjang. Silahkan simak rinciannya dibawah ini.

  • Investasi

    Mesin dan alat yang menjadi investasi anda adalah separangkat komputer/laptop, mouse, flashdisk dan printer. Sedangkan untuk rincian investasi adalah sebagai berikut:

    No Alat Harga
    1 Laptop 3,000,000
    2 Printer Epson L310 1,730,000
    3 Flashdisk 100,000
    Total 4,740,000
  • Alat dan Bahan

    Alat-alat yang anda perlukan adalah Gunting, Cutter, Lem Fox, dan Penggaris Besi.

    No Alat Harga
    1 Gunting 15,000
    2 Cutter 15,000
    3 Lem Fox 15,000
    4 Penggaris Besi 50cm 20,000
    Total 65,000
  • Penunjang

    Kemudian untuk alat penunjang sifatnya adalah tambahan. Anda akan lebih mudah pengerjaannya jika menambahkan alat ini. Alat yang penunjang seperti Mesin Laminasi dan Plastik Laminasi.

    No Alat Harga
    1 Mesin Laminasi Roll 3,750,000
    2 Plastik Laminasi 135,000
    Total 3,885,000
  • Rekapitulasi Rincian Modal Usaha Cetak Buku Yasin
    A INVESTASI 4,740,000
    B ALAT DAN BAHAN 65,000
    C PENUNJANG 3,885,000
    Total 8,690,000

5. Cara Cetak Buku Yasin

Skill utama yang anda butuhkan untuk usaha ini adalah keahlian menggunakan aplikasi desain grafis. Saya menggunakan aplikasi CorelDraw untuk usaha ini. Simak step-step cara cetak buku yasin dibawah.

Penutup

Tidak banyak yang bisa saya informasikan terkait usaha cetak yasin, tetapi ada berberapa poin penting yang bisa anda ambil, seperti bagaimana memilih printer, dan bagaiaman proses nya.

Kemudian paling tidak anda harus memiliki skill mendesain dan keahlian menjilid buku

Terima Kasih.


Bagikan Kirim Twitt
Artikel Terkait
bisnis undangan

Bisnis Cetak Undangan Jutaan Rupiah
11 Desember 2018

Selengkapnya

usaha cetak kartu nama

Cara Mudah Usaha Cetak Kartu Nama Pemula
16 November 2018

Selengkapnya

Peluang Usaha Fotocopy

Raup Untung Usaha Fotocopy, Ini Modal dan Tipsnya!
10 November 2018

Selengkapnya

usaha cetak stiker

Peluang Usaha Cetak Stiker Budget Minim
07 Oktober 2018

Selengkapnya

usaha cetak undangan

Kiat Sukses Membuka Usaha Cetak Undangan Blangko
05 November 2017

Selengkapnya

peluang usaha cetak foto

Peluang Usaha Cetak Foto untuk Pemula
01 November 2017

Selengkapnya

peluang usaha percetakan

Peluang Usaha Percetakan Modal Laptop untuk Pemula
28 Oktober 2017

Selengkapnya


Kolom Komentar