Baca Ini Sebelum Memasarkan Produk Percetakan di Facebook / Instagram

Diupdate pada: 19 Maret 2019 oleh

5.0/5 (1)

Bagikan Kirim Twitt
cara promosi produk online

Sosial media sangat luar biasa berkembangnya, apalagi sekarang ini mayoritas generasi milenial sudah menggunakan sosial media.

Sosial media menjadi peluang marketing yang sangat besar bagi para pengusaha, terlebih para pengusaha percetakan.

Tetapi ada hal mendasar yang harus anda ketahui jika ingin memasarkan produk di sosial media, yakni:

Promosi di sosial media berarti anda 'Menawarkan' kepada orang-orang yang belum tentu tertarik terhadap produk anda.

Karena sebagian besar orang menggunakan sosial media untuk berinteraksi dengan teman / kerabatnya, bukan melihat promosi anda.

Berbeda hal dengan orang-orang yang menggunakan Google, mereka memang 'ingin' mencari produk yang dia butuhkan.

Maka perlu diingat tidak semua produk bisa dengan mudah anda jual di sosial media.

Berberapa sosial media yang umumnya paling sering di gunakan adalah :

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter

Anda bisa menggunakan kedua nya, atau pilih salah satu saja.

Fokus pada satu sosial justru lebih baik, karena anda bisa fokus mengelolanya, sehingga bisa maksimal.

Ada berberapa faktor pertimbangan jika anda ingin mengelola Sosial Media

  • Waktu
  • Biaya
  • Tenaga Manusia (SDM)
  • Ilmu

Kalau anda memiliki semua faktor itu, maka anda boleh saja mengelola sosial media lebih dari satu.

DAFTAR ISI


Sebelum melanjutkan artikel, anda boleh mempertimbangkan data pengguna sosial media berdasarkan umur dibawah ini:

memasarkan produk percetakan

Berdasarkan data itu kita bisa simpulkan, Facebook banyak di gunakan oleh orang berusia 26-35 tahun. Sedangkan Instagram banyak di gunakan oleh orang berusia 16-25 tahun.


Fokus Pada Satu Sosial Media

Agar anda tepat dalam memilih sosial media untuk bisnis, maka kita harus lihat karakteristik dari masing-masing sosial media.

Gunakan Facebook Jika:

Anda ingin kemudahan (tidak mau pusing).

Facebook memiliki banyak fitur untuk posting, seperti foto, video, status dan bahkan yang terbaru adalah fitur marketplace.

Selain itu anda juga bisa posting di grup-grup facebook dengan banyak kemudahan.

Tapi!! Facebook itu memiliki filter yang sangat ketat, artinya postingan anda bisa saja hanya muncul di sebagian kecil friend list anda.

Algoritma di facebook ini bisa memfilter mana postingan spam dan mana yang bermanfaat.

Maka dari itu, banyak para pengusaha lebih memilih beriklan di facebook.

Gunakan Instagram Jika:

Memiliki foto-foto indah terkait produk anda.

Jika anda tidak memiliki banyak stok foto bagus terkait produk anda, maka akan instagram anda akan tidak mampu dijadikan media promosi.

Berbeda dengan facebook, instagram memiliki tingkat interaksi yang tinggi terhadap follower. Artinya, postingan anda akan tetap muncul di lini masa follower anda.

Pengguna instagram rata-rata juga kalangan anak muda umur 16-25 tahun. Sehingga produk-produk yang di jual juga harus mengikuti tren anak muda.

Instagram sangat mudah di kelola, selain itu postingan di instagram juga bisa otomatis di post di facebook.


Membangun Pondasi di Sosial Media

Setelah anda memilih sosial media yang jadi fokus utama anda, maka selanjutnya anda harus mengerti pondasi di Sosial Media.

Facebook

Hal pertama anda harus membuat halaman facebook, kemudian melengkapi profil, dan memasang foto profil dan cover yang menarik.

Seperti yang sebut di awal, meskipun facebook terlihat mudah, tetapi sosmed ini adalah yang paling susah untuk promosi.

Mengapa?

Karena facebook memiliki sistem filter yang sangat canggih. Artinya, facebook bisa mencari mana postingan yang bermanfaat mana yang tidak.

Lantas bagaimana agar sukses promosi di facebook?

Kunci utamanya adalah "Konten yang Bermanfaat". Perbandingan konten bermanfaat dengan promosi anda adalah 9:1.

Artinya setelah anda posting konten bermanfaat 9 kali maka anda boleh 1 kali mempromosikan produk anda.

Ingat! Facebook adalah tempat orang untuk berkomunikasi dengan teman / kerabat, bukan untuk melihat promosi anda.

Semakin sering anda membuat konten yang bermanfaat, maka interaksi orang-orang terhadap fanspage anda semakin tinggi.

Jika interaksi semakin tinggi, maka jika anda memposting konten promosi akan banyak di lihat orang.

Contoh nya adalah anda membuat postingan tutorial, kata mutiara atau kisah inspiratif.

Instagram

Sosial media ini sangat populer untuk digunakan sebagai Media Promosi Bisnis, kenapa?

Karena engagement rate instagram lebih besar dari Facebook. Jika facebook memiliki sistem filter, maka instagram tidak memiliki sistem filter, sehingga postingan anda akan tetap ada di news feed para follower.

Langkah awal tentunya anda harus mendaftarkan akun melalui handphone. Lengkapi profil dan kontak, jika ada link website maka cantumkan.

Kunci di instagram adalah di kualitas foto produk, maka tips posting foto di instagram adalah:

  • Memiliki foto yang bagus
  • Manfaatkan hashtag (10-15 hashtag)
  • Posting sehari 2 kali, namun bisa lebih jika anda postingan menarik
  • Lengkapi deskripsi dengan informasi produk dan cara pemesanan.

Selain itu, hal lain untuk mendongkrak agar semakin banyak follower anda membuat kontes / lomba kecil, seperti tebak-tebakan berhadiah pulsa atau lainnya.


Selamat Mencoba!

Demikian berberapa langkah agar pemasaran usaha percetakan anda semakin mantab di sosial media.

Selalu manfaatkan perkembangan teknologi agar tidak ketinggalan jaman!

Sukses, salam!


Beri Rating:

Bagikan Kirim Twitt
Kolom Komentar


menghadapi customer php

Cara Ampuh Menghadapi Customer PHP (PRAKTEK)
25 April 2018

Selengkapnya

Promosi Produk

3 Langkah Kreatif Rubah Promosi Bisnis Anda di Facebook atau Instagram
15 Oktober 2017

Selengkapnya

Cara Promosi Produk

Cara Promosi Bisnis Paling Ampuh Meningkatkan Citra Anda
16 September 2017

Selengkapnya