Kenapa Cartridge Printer Canon IP2770 Cepat Rusak atau Mampet (PRAKTEK)

Diposting pada: oleh
Bagikan Kirim Twitt
mengatasi catridge printer rusak
Diupdate pada: 23 Juli 2018

Alasan Utama Printer Canon IP2770 menjadi salah satu printer yang banyak sekali digunakan di Indonesia adalah karena harganya yang murah dan terjangkau.

Canon IP2770 juga banyak digunakan oleh pengusaha percetakan. Printer ini sering digunakan untuk mencetak produk undangan, foto, dan dokumen dalam skala kecil.

Saya juga menulis review secara lengkap dan spesifik tentang printer canon IP2770 pada artikel saya berikut ini:

Artikel ini saya tulis dari prespektif "Printer untuk usaha". Jadi artikel ini cocok buat anda yang pengusaha percetakan kecil.

Untuk mengerjakan undangan blangko undangan yang kuantitasnya banyak. Sering kali catridge printer ini cepat sekali rusak (minta ganti).

Lantas adakah tips untuk agar catridge Canon IP2770 ini awet?

Ada 5 tips yang saya tulis berdasarkan pengalaman, bukan secara ilmiah.

Baca Juga: Printer Infus Lebih Awet dan Tahan Lama Dengan Ink Stabilizer atau Dumper CISS

Daftar Isi

1. Pahami Printer Anda

Jangan mudah tertipu dengan review printer yang ada di Internet. Jika anda melihat spesifikasi dan brosur promosi Canon IP2770 memang bisa mencetak foto dengan kualitas yang tinggi sekelas profesional.

Seperti spesifikasi yang saya ambil dari laman resmi Canon Indonesia ini.

Printer IP2770 Rusak

Sebenarnya, printer ini tidak cocok untuk digunakan oleh percetakan. Karena memang printer ini digunakan untuk personal/rumahan. Foto dibawah ini saya ambil dari laman resmi Canon Indonesia.

Printer Canon IP2770 cepat rusak

Rekomendasi saya jika anda tetap menggunakan printer ini adalah:

Gunakan hanya untuk print teks atau sedikit foto. Printer ini tidak cocok untuk print warna blok, tetapi sangat awet jika anda hanya mencetak teks dan logo. Jika anda gunakann hanya untuk teks dan logo, berdasarkan pengalaman printer ini bisa mencetak hingga 10rb lembar.


2. Jangan Gunakan Kualitas High

Sekali saja anda menggunakan kualitas high (tinggi), maka saya jamin printer anda tidak akan berumur lama (2 bulan rusak). 

Banyak sekali para pemula yang tidak puas dengan kualitas standar canon. Padahal, print dengan kualitas high dampaknya membuat catridge panas dan cepat aus.

Dampak yang langsung terlihat adalah hasil cetak nya bergaris bahkan mampet total.

Jika digunakan untuk usaha percetakan, rekomendasi saya adalah gunakan terus dengan kualitas standar sampai anda balik modal terlebih dahulu (BEP). 


3. Cuma Punya 5 Nyawa untuk Head Cleaning

Ini salah satu tips yang saya tulis berdasarkan praktek, bukan ilmiah. Kesimpulan saya, head printer IP2770 cuma memiliki 5 nyawa saja.

Jadi, anda hanya memiliki kesempatan untuk head cleaning sebanyak 5 kali sepanjang hidup head printer. Selebihnya, Head printer anda sudah dipastikan tidak akan bisa diperbaiki.

Head cleaning akan membuat head printer anda aus dan semakin tipis. 

Head cleaning pun saya rekomendasikan anda gunakan jika sudah balik modal (BEP). Karena Head cleaning dampaknya sama seperti menggunakan kualitas cetak high.

Jika anda head cleaning sekarang, maka 1-2 bulan kemudian head printer anda akan rusak.

 

4. Jeda Waktu Istirahat

Lemahnya head printer canon IP2770 adalah hal penting yang harus diketahui. Printer ini jika digunakan usaha, tidak akan mampu untuk mencetak ribuan lembar dalam satu waktu.

Sama seperti sepeda motor, printer ini juga memerlukan waktu untuk istirahat. Memberikan Jeda waktu gunanya adalah untuk mendinginkan Head Catrdige.

Prakteknya, printer ini standarnya mencetak 25 lembar dalam satu waktu. Kemudian anda harus memerikan jeda istirahat 1 menit.

Dalam kasus lain kita juga dituntut untuk mengejar target cetak. 

Maka rekomendasi saya adalah setiap anda mencetak 25 lembar, anda semprotkan sedikit alkohol ke head catrdige. Gunanya adalah mempercepat pendinginan head catrdige.


5. Memang Dibuat Untuk Rusak

Hal terakhir yang harus anda pahami adalah Catrdige printer ini memang dibuat untuk rusak. Dan catridge adalah barang elektronik yang tidak bisa diperbaiki.

Anda juga boleh berfikir, "Kalo catrdige nya tidak rusak, ya perusahaan Canon tidak akan laku".

Bahkan, jika anda tidak gunakan pun catrdige akan rusak dengan sendirinya (jika sudah terisi tinta).

Cobalah ambil sampel catrdige anda yang rusak, kemudian bongkar. Meskipun anda rutin menggunakan printernya. Tetaplah akan ada tinta yang mengering di bagian busa dan head catridge.

Maka, bukan hanya canon, semua merek barang elektronik pun memiliki professor yang men-setting umur hidup barang elektroniknya sendiri-sendiri.

 

Penutup

Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman saya menggunakan printer Canon IP2770 ini. Sampai saat ini pun saya masih setia menggunakan printer ini karena alasan ekonomisnya.

Tentunya, dalam praktek banyak sekali hal yang tidak saya ketahui dan mengerti. Seperti artikel ini yang saya tulis berdasarkan praktek buat ilmiah.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda pengusaha percetakan. Jika bermanfaat, bagikan artikel ini ke teman-teman percetakan anda lainnya.


Bagikan Kirim Twitt
Artikel Terkait
cara cetak foto

Cara Cetak Foto Agar Awet Anti Luntur
19 November 2018

Selengkapnya

cara print amplop

Cara Print Amplop Agar Tidak Kotor atau Bernoda Tinta
28 Januari 2018

Selengkapnya

printer infus

Cara Agar Printer Awet dan Tahan Lama dengan Ink Stabilizer atau Dumper CISS
21 November 2017

Selengkapnya

Jasa pengetikan

Tips Menentukan Tarif Jasa Ketik Dokumen
26 Oktober 2017

Selengkapnya


Kolom Komentar