Bahan-Bahan Pembuatan Stempel Flash / Warna

Diposting pada: oleh
Bagikan Kirim Twitt
Diupdate pada: 18 Juli 2018

Mungkin anda sering menjumpai jasa-jasa pembuatan stempel di pinggir jalan di kota manapun anda berada. Ya, mereka biasanya menggelar lapak dipinggir jalan menawarkan jasa bikin stempel dengan haga yang bervariatif, mulai harga 80.000 sampai dengan 100.000.

Tapi tahukah anda, bahan apa saja yang mereka pakai untuk stempel?

Sebenarnya, dalam membuat stempel itu ada dua hal yang harus diketahui, yaitu alat dan bahan. Kalau alat biasanya digunakan untuk membantu dalam mengerjakan stempel. Kalau bahan ya bahan untuk membuat stempel. Berikut saya sebutkan alat-alat apa saja dalam usaha stempel.

Alat yang digunakan:

1. Komputer / Laptop

Komputer / laptop adalah hal wajib bagi para usahawan stempel. Kalau tidak ada laptop, bagaimana mereka mendesain stempelnya? hehehe.. Kegunaan utama dari laptop adalah untuk mendesain dengan bantuan software CorelDRAW atau yang sejenis. Tapi laptop tetap bisa digunakan buat facebookan, twitteran, dan lain-lain juga kok.

Dalam usaha stempel diusahakan cari laptop yang mendukung untuk mendesain, tapi jangan mubazir laptop ya.. Cuma buat desain stempel beli laptop yang harga puluhan juta seperti digambar. Harga 2 juta sudah cukup kalau cuma desain Stempel.

Cek harga bahan-bahan stempel di walisongo Printing

2. Alat Pemotong Gabus / Styrofoam

Alat pemotong gabus ini merupakah hal yang sangat penting untuk memotong bahan stempel, karena kalau menggunakan cutter biasa, saya jamin hasilnya tidak akan memuaskan dan tinta stempel akan cepat habis karena bocor.

Memotong karet stempel dengan pemotong gabus akan membuat karet stempel sedikit gosong sehingga tinta stempel dari karet akan tertahan oleh karet yang gosong itu. Susah sih jelasinnya, anda bisa lebih paham kalau langsung terjun di usaha stempel, bisa kontak saya kalau mau usaha stempel.

3. Mesin Stempel

Mesin stempel adalah hal paling paling paling utama untuk usaha stempel, anda bisa cari di gugel kalau penasaran sama mesin stempel ini. Kegunaan mesin stempel ini adalah untuk menyinari bahan stempel. FLASH !! ya, cahaya flash akan dihasilkan oleh mesin ini dan membuat gosong permukaan stempel. Makannya nama stempel kadang di sebut stempel Flash.

Mesin ini hargnya bervariasi ada yang murah 2 jutaan sampai yang mahal. Tapi menurut saya dalam usaha stempel lebih baik menggunakan mesin yang tidak terlalu mahal, harga 2 jutaan saja sudah cukup untuk menopang usaha stempel. Berdasarkan pengalaman, mesin stempel saya yang murah saja sudah bertahan sampai 5 tahun.. lampu flash juga belum ada yang pecah

4. Printer Laserjet

Nah ini yang jangan dilupakan, usaha stempel ga cuma pakai mesin stempel, tapi kita juga butuh printer laserjet. Printer laserjet ini digunakan untuk mencetak hasil desain stempel ke kertas kalkir. Hasil cetak nya akan jadi film buat di masukan ke dalam mesin stempel.

Harganya juga bervariasi ada yang harga 1.5 jutaan ada yang lebih mahal juga. Bedanya kalau mahal dan murah yang kualitas hasil printernya. Kalau yang murah hasil printnya kurang hitam, kalau yang mahal hasil nya hitam dan pekat. Tapi baik harga murah atau mahal tetap bisa untuk usaha stempel.

Nah, mungkin itu sekilas tentang alat-alat para pedagang stempel pinggir jalan. Lalu kalau bahannnya?

Ini dia bahan untuk membuat stempel, Siap-siap Tercengang!

1. Gagang Stempel

Gagang Stempel adalah bahan pokok untuk usaha stempel, fungsi gagang stempel ini adalah untuk tempat karet stempelnya. Selain itu juga, agar anda semua nyaman menggunakannya. Harga Gagang stempel ini bervariasi kisaran harga 7.000-10.000 an.

Bentuk gagang stempel ini juga bervariasi ada yang bulat, kotak, persegi, persegi panjang dan oval.

2. Karet Stempel

Ini adalah karet khusus untuk bahan stempel. Karet ini kenyal-kenyal kaku, kalau terkena sinar flash dari mesin stempel bakal gosong. Dan mudah untuk di potong dengan alat pemotong gabus.

Ternyata karet stempel sama seperti kaktus! Kok bisa ya? oh ternyata karet stempel sama seperti pohon kaktus. Kalau pohon kaktus menyimpan air kalau karet stempel menyimpan tinta, hehehe.. Jadi sama-sama menyimpan..

3. Kertas Kalkir dan Mika

Kertas kalkir fungsi nya adalah untuk di cetak di printer laser jet, selain itu kertas kalkir memiliki pasangan yaitu kertas mika. Jadi pengusaha stempel harus punya sepasang kertas ini.

4. Tinta Stempel

Kalau semua bahan sudah disebutkan, ada satu lagi yang paling penting, yaitu tinta stempel flash / warnanya. Tinta stempel ini bervariasi, ada warna merah, hijau, ungu, biru, hitam, coklat, dll. Tinta ini nanti bakal di simpan dalam karet stempelnya. Jadi ga perlu lagi pake stempel biasa / kayu yang harus pake stamp pad, karena sudah otomatis tinta keluar.

Mungkin itu saja sih bahan-bahan untuk membuat stempel yang biasa pengusaha stempel pinggir jalan. kalau diitung-itung dari bahannya sih, satu stempel modalnya sekitar 15-17 ribuan dan dijual dengan harga 90-100rb rupiah.

Maka Keuntunganya

100rb - 15rb = Rp. 85.000 per pcs.. Bagaimana jika dipesan oleh instansi pemerintahan yang biasanya membuat langsung borongan? Berapa ya keuntungannya?

Tertarik Usaha Stempel?

Silahkan hubungi saya via whatsapp 0812-5195-0405 untuk paket usaha stempel nya. Dan free training bagi pengusaha pemula. Kita ada cabang di Semarang, Jateng dan Pangkalan Bun, Kalteng.

Pricelist Gagang Stempel Flash

Norway

Pricelist Gagang Stempel Bulat

Selengkapnya
Norway

Pricelist Gagang Stempel Persegi Panjang

Selengkapnya
Norway

Pricelist Gagang Stempel Kotak

Selengkapnya
Norway

Pricelist Gagang Stempel Oval

Selengkapnya

masih Belum Jelas? Cek Video Berikut


Bagikan Kirim Twitt
Artikel Terkait
apa itu brosur

Ukuran, Macam, dan Jenis-Jenis Brosur serta Kelebihannya
15 Februari 2018

Selengkapnya

Cetak Offset

Apa itu Cetak Offset? Apa Saja Bagian Penting Mesin Offset?
17 Januari 2018

Selengkapnya

Contoh Format Stempel Lengkap
01 Agustus 2017

Selengkapnya


Kolom Komentar