Ukuran, Macam, dan Jenis-Jenis Brosur serta Kelebihannya

Diposting pada: oleh
Bagikan Kirim Twitt
apa itu brosur
Diupdate pada: 21 Juli 2018

Hal wajib yang harus anda coba ketika ingin mengembangkan usaha adalah mencetak brosur. Banyak percetakan yang menawarkan jasa cetak brosur dengan biaya murah (ekonomis), cepat, dan kualitas yang bagus.

Harga cetak brosur pun sangat beragam. Harga brosur sangat di pengaruhi letak geografis anda, contoh: harga cetak brosur di pulau jawa tentu lebih murah di bandingkan di sumatera, harga cetak brosur di sumatera lebih murah daripada di kalimantan, dan harga cetak brosur di kalimantan tentu lebih murah dibanding cetak brosur di papua.

Artikel ini akan banyak membahas secara komprehensif tentang apa itu brosur, kelebihan yang anda dapatkan ketika menggunakan brosur, kertas yang digunakan untuk brosur, macam-macam brosur, dan ukuran yang paling sering digunakan untuk brosur.

Share artikel tentang brosur ini agar banyak orang yang tahu tentang brosur

Daftar Isi

Apa Itu Brosur

Brosur adalah selembaran kertas yang digunakan untuk menyampaikan informasi baik promosi usaha, sosialisasi, atau kampanye. Brosur merupakan media promosi yang paling sering digunakan untuk kampanye atau promosi. Brosur sendiri banyak ragam dari segi ukuran, desain dan bentuk nya.

Kesuksesan penyampaian materi dari sebuah brosur sangat bergantung pada desain dan distribusinya. Brosur yang baik adalah brosur yang bisa menyampaikan pesan dengan singkat dan padat serta memiliki desain yang tidak kaku.

Kelebihan Brosur

Ada berberapa kelebihan jika anda menggunakan brosur sebagai media promosi anda. Berberapa kelebihan ini hanya sebagian kecil dari yang bisa saya rangkum, silahkan anda tambahakan kelebihan brosur menurut anda di kolom komentar.

  1. Media Promosi Murah

    Media Promosi paling murah selain sosial media adalah dengan mencetak brosur. Harga cetak brosur di percetakan saat ini sangat murah sekali, terlebih jika anda mencetaknya di pulau Jawa

    Harga cetak brosur saat ini bisa anda dapatkan mulai dari harga Rp. 300-500 rupiah perlembar, tentunya harga brosur sangat tergantung jumlah pemesanan anda, warna, dan ukuran brosur ya.

  2. Penyampaian yang Paling Mudah

    Hanya dengan kata-kata yang menarik dan jelas, anda sudah bisa meyampaikan isi promosi anda. Kebanyakan brosur juga mengandalkan gambar-gambar yang komunikatif untuk menarik minat calon pelanggan.

  3. Mudah Dibawa Kemana Saja

    Dengan kemudahan nya, brosur bisa di lipat dan dimasukan ke saku pelanggan tanpa membuat ribet pelanggan anda. Sehingga ketika anda memberikan brosur pada pelanggan, pelanggan dapat membacanya kapan saja dan dimana saja.

  4. Mudah Pendistribusiannya

    Brosur bisa anda bawa dan diberikan dimana saja, tergantung target pelanggan anda. Sering sekali kita jumpai brosur di bagikan di pinggir jalan.

  5. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

    Kredibilitas perusahaan anda juga bisa dibangun dengan brosur, tetapi untuk menaikan kredibilatas ini anda harus bisa membuat desain brosur yang menarik, elegan, dan komunikatif.

  6. Informasi Lebih Spesifik

    Meskipun anda dituntut untuk membuat brosur dengan kalimat yang singkat dan padat, tetapi untuk jenis brosur tertentu (seperti: spesifikasi) anda bisa memanfaatkan brosur untuk menyampaikan dengan lebih spesifik.

  7. Cepat Pembuatannya

    Beragam percetakan di sekitar anda juga banyak yang menawarkan kecepatan cetak. Di Internet saja saya sering kali melihat percetakan yang mampu mencetak ribuan brosur dalam waktu 1-2 hari saja.

  8. Desain Yang Customable

    Desain Brosur promosi anda bisa anda tentukan dan sesuaikan dengan perkembangan tren dan zaman. Tren desain brosur hampir setiap tahun berubah-ubah, anda bisa mencarinya di google untuk tren brosur yang sedang hits.

Jenis Kertas Brosur

Ada berberapa jenis kertas yang sering digunakan untuk mencetak brosur tergantung kebutuhan anda. Pada umum nya ada dua jenis kertas yang digunakan untuk cetak brosur yakni: HVS dan Art Paper (AP).

ukuran brosur

Kertas HVS
Kertas HVS adalah kertas yang paling umum digunakan di rumahan atau kantor. Kertas HVS biasa digunakan untuk brosur yang bisa anda cetak dengan mesin printer biasa atau menggunakan digital printing.

Kertas HVS memiliki tekstur yang kasar dan berserat. Kertas HVS yang digunakan pun beragam jenis ketebalannya (gramatur). Kertas HVS paling tipis dan ekonomis adalah 60gr. Untuk kertas HVS standar adalah 80gr.

Biasanya di toko kertas anda mendapati kertas HVS dalam ukuran A4 (quarto), A3 dan F4 (folio).

Kertas Art Paper
Art paper atau biasa disebut juga kertas AP adalah kertas yang sering digunakan untuk cetak brosur. Kertas ini tidak bisa dicetak dengan printer rumah biasa, karena kertas ini hanya bisa dicetak oleh mesin digital printing atau mesin offset.

Kertas AP memiliki tekstur yang licin di kedua sisi nya dan mengkilap sehingga sangat menarik dan elegan untuk brosur. Kertas AP juga memiliki beragam ketebalan (gramatur) mulai dari 100gr, 120gr, dan 150gr. Untuk kertas diatas 150gr dinamakan karton.

Ketika anda ingin mencetak brosur saya rekomendasikan untuk menggunakan kertas jenis ini untuk brosur anda. Karena harganya yang murah dan kualitas kertas yang sangat baik.

Jenis Brosur Berdasarkan Warna

Warna brosur terkadang juga mempengaruhi harga cetak brosur. Dalam percetakan ada dua tipe jenis brosur berdasarkan warna, yakni:

Brosur Fullcolour
Brosur ini memiliki warna yang menarik dan banyak, warna untuk cetak brosur ini adalah perpaduan antara Cyan, Magenta, Yellow, dan Key (Black). Harga cetak brosur dengan fullcolour tentu berbeda dengan yang BW (Hitam Putih).

ukuran brosur

Harga cetak brosur yang fullcolour bisa 2 kali lebih mahal daripada brosur B/W (hitam putih).

Brosur B/W (Black White)
Brosur Hitam Putih bisa menjadi opsi anda agar lebih ekonomis, karena anda bisa menghemat dana anda hingga 50% jika menggunakan brosur hitam-putih daripada yang full colour.

Brosur hitam putih tetap akan menarik jika anda dapat mendesain nya dengan baik, saya berikan contoh desain brosur hitam putih yang baik di bawah.

ukuran brosur

Jenis Brosur Berdasarkan Sisi

Brosur bisa anda cetak di salah satu atau di kedua sisinya. Harga cetak brosur satu sisi pun lebih murah dibanding dua sisi. Tetapi untuk brosur dua sisi harganya akan lebih mahal 2 kali lipat dari pada brosur satu sisi.

Satu atau dua sisi adalah tergantung dari selera promosi dan budget anda. Yang terpenting dari brosur dua sisi adalah kesesuaian penempatan konten informasinya.

Sebagai contoh anda bisa melihat contoh brosur Merek Handphone. Di sisi satu dia menampilkan gambar handphone dan spesifikasi secara umum, tetapi di sisi brosur yang lain dia menyampaikan informasi yang lebih spesifisik.

Macam Macam Ukuran Brosur

Ukuran Brosur yang paling standar digunakan ada empat ukuran. Tetapi ukuran dibawah ini tidak harus menjadi acuan anda, ukuran brosur menyesuaikan desain nya. Berikut ukuran standar brosur:

1. Brosur A3
Ukuran brosur ini adalah 29,7cm x 42cm.

Sebenarnya jarang sekali ada brosur yang berukuran A3, karena ukuran ini lebih banyak di gunakan untuk poster-poster di pinggir jalan. Karena dengan ukuran yang besar akan mempermudah pelanggan untuk membaca nya.

Brosur ukuran A3 akan susah sekali dibawa dan dibaca jika anda memberikan nya secara langsung kepada pelanggan anda. Maka untuk brosur ukuran A3 lebih baik anda tempelkan di tembok atau dinding.

Mayoritas brosur ukuran ini dicetak satu sisi

2. Brosur A4
Ukuran brosur ini adalah 21cm x 29,7cm.

Brosur A4 atau brosur yang memiliki ukuran besar, dengan gambar yang besar. Brosur ukuran A4 ada berberapa varian yakni:

  • Brosur A4 Tanpa Lipat

    Brosur ukuran A4 tanpa lipatan ini bisa di cetak satu sisi atau dua sisi.

  • Brosur A4 2 Lipat (A5)

    Brosur dengan 2 lipat ini hasil dari lipatan brosur A4 menjadi 2, sehingga brosur memiliki 4 halaman. Ukuran lipatan brosur ini menjadi ukuran A5. Anda bisa melihat contoh brosur A4 lipat 2 dibawah.

    ukuran brosur

    Brosur dengan lipatan seperti ini lebih bagus dengan desain dua sisi (bolak balik).

  • Brosur A4 3 Lipat (9,9cm x 21cm)

    Brosur A4 3 Lipat ini menjadi brosur yang paling populer di Indonesia. Dengan Bentuknya yang kecil, serta memiliki banyak halaman, membuat brosur varian ini menjadi yang terlaris di pasaran.

    ukuran brosur

    Brosur dengan lipatan seperti ini lebih bagus dengan desain dua sisi (bolak balik).

3. Brosur A5
Ukuran brosur ini adalah 14,85cm x 21 cm.

Brosur A5 juga ukuran brosur yang paling laris di pasaran percetakan. Dengan ukuran yang kecil, brosur ini sangat di rekomendasikan jika anda ingin memberikan kepada pelanggan karena tidak membuat ribet pelanggan anda.

Brosur dari A5 ini ada berberapa varian yang bisa anda gunakan untuk brosur anda, yakni:

  • Brosur A5 Tanpa Lipat

  • Brosur A5 2 Lipat (9,9cm x 21cm)

    Brosur ukuran ini juga merupakan paling laris di pasaran. Halaman brosur ini ada empat. Tetapi kebanyakan orang lebih memilih brosur varian A4 3 Lipat dari pada A5 2 Lipat.

    Brosur dengan lipatan seperti ini lebih bagus dengan desain dua sisi (bolak balik).

4. Brosur 1/3 A4
Ukuran Brosur ini 21cm x 9,9cm

Brosur ini biasanya sering digunakan untuk flyer, karena brosur ini tidak memiliki lipatan. Brosur ini sering kita lihat berterbangan di pinggir jalan.

ukuran brosur

Penutup

Dari penulis sendiri sangat rekomended untuk menggunakan brosur A4 3 Lipat, karena modelnya yang bagus dan ukurannya kecil tapi padat isinya. Meskipun begitu, desain brosur juga menjadi hal penting suksesnya sebuah brosur.

Dengan adanya brosur, tentu anda ingin meningkatkan penjualan atau menaikan citra perusahaan / kampanye anda. Jangan sampai brosur membuat citra usaha anda menjadi buruk. Maka, pertimbangkan lah desain brosur dengan berkonsultasi ke ahli desain.

Demikian artikel tentang brosur yang saya tulis komprehensif ini, jika teman-teman ada yang ingin di tanyakan bisa kita diskusikan di kolom komentar. Terima Kasih.

Penulis,
Akhlakul Adam Prasetya


Bagikan Kirim Twitt
Artikel Terkait
Cetak Offset

Apa itu Cetak Offset? Apa Saja Bagian Penting Mesin Offset?
17 Januari 2018

Selengkapnya

Contoh Format Stempel Lengkap
01 Agustus 2017

Selengkapnya

Bahan-Bahan Pembuatan Stempel Flash / Warna
29 Juli 2017

Selengkapnya


Kolom Komentar