Peluang Usaha Cetak Foto [8 Panduan Lengkap]

Diupdate pada: 04 Juni 2019 oleh

4.9/5 (19)

Bagikan Kirim Twitt
peluang usaha cetak foto

Apa yang baru?

Penambahan 'Cara Cetak Foto di Kayu'

Siapa sih yang tidak membutuhkan pas foto? hampir semua orang membutuhkan jasa cetak foto, karena foto merupakan salah satu dokumen penting untuk tiap individu saat ini. Ditambah zaman yang makin canggih, kebutuhan akan cetak foto sangat tinggi.

Usaha cetak foto bisa anda lakukan di rumah, karena cetak foto bisa jadi usaha rumahan yang menjanjikan. Usaha cetak foto tidak memerlukan ruko yang besar dan mahal. Anda bisa memulainya di rumah.

Daftar Isi

Kami rekomendasikan anda juga membaca artikel "40 Desain Undangan Pernikahan Pilihan Terbaik" untuk mencari inspirasi desain undangan yang elegan.

Ada berberapa ilmu bisa anda dapatkan pada artikel ini, seperti peluang usaha cetak foto, macam-macam ukuran foto, dan printer yang bagus untuk cetak foto.

Materi pertama adalah tentang peluang usaha cetak foto, anda bisa simak artikel berikut ini:

1. Peluang Usaha Cetak Foto

Peluang jasa cetak foto adalah seberapa banyak penduduk di kota anda? maka penduduk di kota anda adalah peluangnya. Berikut saya spesifikan daftar peluang usaha cetak foto dibawah ini:

  • Semakin banyak nya pengguna smartphone

    Tiap tahun, angka kepemilikan smartphone semakin meningkat. Ditahun 2017 saja, hampir 70% masyarakat indonesia sudah menggunakan smartphone, artinya, semakin banyak pengguna smartphone, semakin banyak pula orang yang mengabadikan momen-momen berharga dia, otomatis permintaan akan cetak foto akan semakin tinggi.

    Ditambah lagi banyaknya aplikasi editing gambar yang meningkatkan kreatifitas pengguna. Semakin besar pula peluang anda untuk usaha cetak foto ini.

  • Siswa / Siswi (TK/PAUD, SD/MI , SMP/MTS, SMA/MA)

    Setiap tahun instansi sekolah ada agenda PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) dan kelulusan, dimana semua siswa membutuhkan pas photo terbaru.

    Dalam satu kota saja bisa ada puluhan sekolah mulai dari TK sampai SMA, jika setiap satu siswa/i membutuhkan 10 lembar foto, maka berapa ribu foto yang menjadi peluang anda.

    Sekolahan tetap menjadi sumber terbesar pendapatan dari cetak foto ini.

  • Mahasiswa

    Sama seperti siswa/i, Mahasiswa setiap 6 bulan sekali membutuhkan yang namanya pas photo. Bahkan setiap kegiatan seorang mahasiswa, membutuhkan yang namanya foto. Foto salah satu hal wajib untuk mahasiswa.

  • Karyawan

    Berapa jumlah umkm atau perusahaan didaerah anda? ada banyak sekali perusahan daerah anda bukan? berapa karyawan mereka? Meskipun karyawan jarang meminta pas foto, tetapi foto tetap jadi hal wajib untuk mereka.

    Pada saat melamar pekerjaan, seorang karyawan/wati pasti membutuhkan yang namanya pas photo.

  • Keluarga

    Siapa sih keluarga yang tidak ingin mengabadikan momen indah nya? biasanya tiap keluarga ingin memasang foto-foto orang tercintanya di dinding rumah. Bahkan saya yakin, di rumah anda sekarang ada foto yang terpampang di dinding rumah anda.

    Saya rasa, foto merupakan hal wajib di sebuah rumah.

  • Bekerja sama dengan fotografer

    Yang terakhir adalah bekerja sama dengan para fotografer. Jika anda belum mampu untuk membeli sebuah kamera, anda bisa bekerja sama dengan fotografer. Mulai sekarang bangung kerja sama dengan para fotografer di kota anda, teman-teman anda pasti banyak sekali yang berprofesi sebagai fotografer. Ditambah lagi, saat ini profesi fotografer tidak memerlukan keahlian khusus atau sekolah khusus.

Saya yakin masih banyak sekali peluang usaha cetak foto ini, jika saya simpulkan maka setiap orang di kota anda adalah peluang usaha bagi anda. Segera lah anda memulai usaha ini, jangan sampai anda tertinggal oleh pesaing anda, karena usaha cetak foto juga salah satu usaha yang mudah di jalani dengan modal kecil.

Selain itu, anda bisa melengkapi usaha cetak foto anda dengan menjual perlengkapan foto, misalnya frame, dll. Selain itu anda bisa merangkap dengan membuka jasa cetak undangan blangko.

Setelah kita mempelajari peluang usaha cetak foto, selanjutnya ada berberapa hal yang harus anda ketahui untuk memulai usaha cetak foto ini, yaitu:

2. Macam-macam Ukuran Foto

Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan dengan ukuran foto 2R, 4R, dst.. Mungkin anda juga masih belum tahu, sebagian dari kita mungkin hanya tahu ukuran seperti 2x3, 3x4, atau 4x6.

Sebagai orang yang ingin usaha di jasa cetak foto, maka anda harus tahu ukuran-ukuran standar internasional berikut ini:

Ukuran Centimeter
2R 6 x 9 cm
3R 8,9 x 12,7 cm
4R 10,2 x 15,2 cm
5R 12,7 x 17,8 cm
6R 15,2x 20,3 cm
8R 20,3 x 25,4 cm
8R plus 20,3 x 30,5 cm
10R 25,4 x 30,5 cm
10R plus 25,4 x 38,1 cm

Mengapa menggunakan R? kenapa tidak langsung cm saja?

Seri R adalah sebuah standar ukuran yang telah ditetapkan oleh Standar Internasional (ISO) sebagai simbol ukuran pada ukuran foto yang memilki hubungan langsung dalam mencetak foto.

3. Printer untuk usaha cetak foto

Secara komprehensif kami telah mengulasnya pada artikel terbaru kami disini:

Terkait printer apa yang bagus untuk cetak foto, saya membagi menjadi dua opsi.

Jika budget terbatas, Jika budget anda terbatas, maka anda bisa menggunakna printer Canon IP2770. Printer ini dikenal sebagai printer sejuta umat. Saya sendiri terkadang masih menggunakan printer ini untuk cetak foto. Kelemahannya adalah printer ini hanya bisa menggunakan tinta DYE, sehingga hasil cetaknya bisa luntur dan pudar. Tetapi saya punya tips yang saya ulas pada artikel ini Cara Cetak Foto Agar Awet Anti Luntur.

Jika budget banyak, maka silahkan gunakan printer epson yang terbukti keawetanya. Untuk cetak foto saat ini banyak yang menggunakan Epson L310, L360, L800, L805, L850. Selain itu saya rekomendasikan menggunakan tinta Art Paper agar hasil cetak anda lebih awet dan tahan lama.

Jika ga ada modal, maka carilah vendor percetakan laser A3 yang murah disekitar anda, mulailah dari jasa makloon. Jika tidak ada modal, maka kreatifitaslah yang menjadi modal anda.


4. Tips Agar Cetakan Foto Awet

Ada berberapa tips agar hasil cetak foto anda awet dan tahan lama, sehingga anda tidak perlu takut cetak foto anda luntur atau pudar.

Perlu diketahui, jika anda menggunakna tinta DYE, tips-tips dibawah ini hanya membantu agar hasil cetak foto anda bertahan lebih lama. Karena tetap saja tinta DYE tidak tahan terhadap sinar matahari dan akan pudar berberapa tahun kemudian.

#1 Semprot dengan Pylox Clear

Belilah pylox clear di toko cat terdekat, dan semprotkan pylox clear kehasil cetakan, tunggu hingga kering, dan hasil cetakan anda akan lebih awet dan tahan lama.

Kelemahan cara ini adalah anda perlu waktu agar pylox kering dengan sempurna, dan biaya produksi untuk 1 lembar A4 jika menggunakan Pylox clear cukup tinggi berkisar Rp. 2.000-3.000.

#2 Tambahan Laminasi Dingin atau Panas

Jika berbicara tentang kualitas, cetak foto yang bagus adalah cetak foto yang di print dengan tinta artpaper atau inkjet, serta di laminasi, hasilnya pun akan lebih tahan lama dan anti luntur.

Anda bisa membeli plastik laminasi doff atau glossy, plastik laminasi berbeda loh ya dengan plastik laminating buat ktp. Plastik laminasi bisa anda gunakan dengan mesin laminating tentunya.

Tetapi, untuk anda yang hanya memiliki printer tinta inkjet seperti printer epson atau canon, maka anda bisa menambahkan laminasi pada foto yang dicetak. Tambahan laminasi ini terbukti efektif untuk membuat foto menjadi awet alias tahan lama.

Artikel Terkait

Bagaimana Cara Cetak Foto Agar Awet Anti Luntur?

Saya telah mengulas nya lengkap pada artikel saya yang baru ini.

Penting sekali untuk memperhatikan hasil cetak foto, bukan hanya bagus, tapi harus tahan lama.

Jangan sampai foto-foto penting setelah berberapa tahun memudar karena tidak memperhatikan hasil cetak fotonya.

Baca Artikel


5. Apa Perbedaan Tinta DYE, ARTPAPER, dan PIGMENT

Berbicara tentang tinta Inkjet (DYE) dan Artpaper, mungkin teman-teman masih bingung apa itu perbedaan tinta DYE dan Artpaper Ink. Coba perhatikan perbedaan jenis tinta dibawah ini:

Tinta DYE

Tinta DYE ini adalah tinta yang paling umum, jika anda membeli printer Canon, Epson atau HP. Maka umumnya printer itu menggunakan tinta DYE.

Tinta DYE berbasis air, sehingga jika hasil cetak terkena air, maka akan pudar. Selain itu itu DYE ini jika terkena sinar matahari dalam waktu lama juga akan memudar.

Tinta Pigment

Tinta pigment adalah tinta yang berbasis minyak atau OIL BASED. Maka tinta pigment ini lebih tahan lama, anti luntur jika terkena matahari atau air. Tetapi tinta pigment jarang diaplikasikan untuk cetak foto, karena tinta pigment memang tidak dikhususkan untuk cetak foto, tetapi untuk media lain seperti MUG, Gelas, Piring, dan tekstil.

Tinta Artpaper

Tinta ini adalah tinta yang sangat cocok untuk usaha cetak foto, karena artpaper adalah tinta yang berbasis minyak (Oil Based) sehingga menjadikan tinta ini anti luntur dan tahan lama.

Tinta ini pun sangat cocok diaplikasikan dikertas foto glossy atau di kertas artpaper maupun hvs. Tinta ini sangat cocok pada media kertas yang daya serap nya kecil seperti glossy paper, selain itu tinta ini pun tidak perlu pemanas untuk mengeringkannya, karena tinta artpaper sangat mudah untuk kering.

Sama seperti tinta DYE, tinta ARTPAPER bisa menggunakan 6 tabung tinta yaitu C-M-Y-K-LC-LM.

Lalu tinta apa yang cocok untuk anda?

Jika budget terbatas, maka gunakan dulu tinta DYE (water based) dan ditambahkan laminasi glossy / doff. Namun jika berlebih anda bisa menggunakan printer epson plus tinta artpaper.


Saya akan bagi dua berapa modal usaha cetak foto, yaitu: A. Jika modal terbatas dan B. Jika modal banyak.

Untuk menjalankan bisnis ini, investasi utama anda adalah seperangkat komputer atau laptop. Maka saya asumsikan anda sudah memiliki Komputer / Laptop.

A. Modal Usaha Cetak Foto (Dana Terbatas)

No Alat Harga
1 Printer Canon IP2770 750,000
2 2 pack kertas foto 80.000
3 2 pack Laminasi Dingin 40.000
Total 870.000

B. Modal Usaha Cetak Foto (Dana Banyak)

No Alat Harga
1 Printer Epson L310 1.750.000
2 Tinta Art Paper (CMYK) 380.000
3 Mesin Laminasi V-TEC 700.000
4 2 pack Kertas Foto 80.000
5 2 pack Laminasi Dingin 40.000
Total 2.950.000

7. Usaha Cetak Foto Polaroid

Foto Polaroid memang sangat nge-tren di tahun 2018. Tapi apakah anda tahu apa itu foto polaroid?

Photo Polaroid adalah foto yang dihasilkan oleh kamera polaroid dan hasilnya bisa langsung tercetak dengan kamera. Contohnya seperti ini.

usaha cetak foto polaroid

Bagaimana peluang usaha ini bisa kita ambil tanpa memiliki kamera polaroid?

Pada prinsipnya sama seperti mencetak foto biasa, tetapi ada perbedaan margin di sekililing foto. Anda bisa lihat contoh foto polaroid dibawah ini.

foto polaroid

Berapa Ukuran Foto Polaroid?

Kita bisa mengacu pada refill instax pada umumnya, yakni ada yang berukuran 62 x 46 mm dan ada yang 86 x 54 mm. Ukuran foto polaroid itu sama seperti dengan kartu kredit / id card.

Tetapi, anda juga tidak harus mengikuti ukuran itu. Sesuaikan saja dengan keinginan customer anda.

Bagaimana Memasarkan Produk Foto Polaroid?

Cobalah membuat paket-paket cetak foto polaroid daripada memberikan harga satuan. Selain itu cara ini juga membuat customer mudah untuk memilih. Contohnya seperti ini.

paket foto polaroid Sumber foto dari akun facebook RizkyComp Printing

Cara Cetak Foto di Kayu [Usaha Booming 2019]

Cetak foto yang sedang trend di tahun 2019 ini adalah cetak foto di media kayu. Penampakannya adalah seperti dibawah ini:

cara cetak foto di kayu

Sumber: https://www.facebook.com/cratoezkuroba | Cratoez

Ternyata untuk membuat cetak foto kayu seperti ini tidak lah sulit. Bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Kayu, bisa jati Belanda, plywood, triplex, atau talenan yang penting kayu tidak berwarna gelap.
  • Lem, bisa pakai lem fox putih, lem rajawali, lem crona atau bahkan pelapis tembok nodrop.
  • Kertas, harus menggunakan kertas foto glossy Art Paper merek e-print dengan gramatur 100-120 gsm.
  • Busa, yaang sering di pake buat nyuci piring.
  • Minyak Goreng, untuk melunturkan kertas
  • Clear (Pelapis)

Bagaimana Cara Membuatnya?

Simak video tutorial yang diupload oleh Cratoez di facebook. Pengerjaan cetak foto kayu hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja.

13 menit... Gak pke lama, Gak perlu hairdryer, dan gak pke strika ??

Dikirim oleh Cratoez pada Senin, 14 Januari 2019

Berapa Harga Jual Cetak Foto di Kayu?

Untuk harga tergantung ukuran kayu, sebagai contoh:

Ukuran 12x17cm harganya Rp. 35.000
Ukuran 30x40cm harganya Rp. 200.000

Harga ini tentuya sudah termasuk desain / setting, dan harga ini adalah harga di pulau jawa, bisa saja berubah tergantung lokasi teman-teman.

Kayu yang Bagus untuk Cetak Foto?

Saya lebih merekomendasikan anda untuk menggunakan plywood. Mengapa?

  • Plywood lebih ringan
  • Plywood lebih murah
  • Plywood texture nya lebih bersih dan halus
  • Tidak banyak mata-mata kayu yang mengganggu

Plywood itu tampilannya seperti ini.

contoh plywood

Tetapi perlu diingat ada kelemahan dari plywood yakni bagian pinggirnya memiliki rongga, solusinya adalah dengan mendempel pinggiran kemudian di amplas halus.

Bagaimana tertarik usaha cetak foto di media kayu?


Penutup

Mungkin selain persiapan diatas, ada satu hal lagi yang harus anda kuasai yaitu editing foto, anda bisa baca artikel saya yang berjudul Cara Cetak Foto dengan CorelDRAW (OTW ya).

Demikian artikel tentang peluang usaha cetak foto ini, semoga artikel ini bisa memberikan pencerah buat temen-temen semua, jika ada pertanyaan, silahakn bertanya dikomentar.

Terima kasih, salam percetakan Indonesia!

Penulis:
Akhlakul Adam Prasetya
Percetakan Walisongo


Beri Rating:

Bagikan Kirim Twitt
Kolom Komentar


usaha stempel

Rahasia Usaha Stempel Flash atau Runaflek [Berdasarkan Pengalaman]
05 April 2019

Selengkapnya

jualan pulsa

Cara Jualan Pulsa: Online, Murah & All Operator
24 Maret 2019

Selengkapnya

usaha desain grafis

Bisnis / Usaha Jasa Desain Grafis
23 Maret 2019

Selengkapnya